PPI India Kini

Anggota PPI India terdiri dari pelajar Indonesia yang berstudi dari berbagai  perguruan tinggi di India mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, namun secara aktif adalah para mahasiswa di perguruan tinggi yang mayoritas dari strata S2 diikuti oleh S1 dan S3, dimana sebagaian besar sekitar 60% adalah penerima beasiswa dari pemerintah India yang bernama beasiswa ICCR (India Council for Cultural Relations). Berdasarkan database PPI India terkait jumlah pelajar Indonesia di India tercatat kurang lebih sebanyak 70-100 pelajar diseluruh India, jumlah yang masih kecil jika dibandingka dengan PPI di negara lainnya, seperti Jepang, Austalia, Amerika, Eropa, dan lain-lainnya.

Para pelajar di PPI India tersebar di beberapa kota besar (negara bagian) melalui komisariatnya seperti Agra, Aligarh, Hyderabad, New Delhi, dan Pune. Beberapa kota lainnya seperti Kerala, Gujarat, Bangelore, Punjab, Haryana, dan Kurushetra ditempati oleh mahasiswa Indonesia dengan jumlah yang masih sangat sedikit. Dari sebaran universitasnya, sebagian besar mahasiswa Indonesia berstudi di perguruan tinggi terkemuka di India seperti Aligarh Muslim University, Jamia Milia Islamia, Jawaharlal Nehru University, Osmania University, Delhi University, English & Foreign Language University (EFLU), India Insitute of Technology (IIT), Agra University, dan lain sebagainya.

PPI India menjadi wadah kekeluargaan pelajar Indonesia dimana selain bermanfaat bagi para anggotanya juga untuk bisa memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia, beberapa kegiatan yang bersifat pendidikan, sosial, kebudayaan, dan kebersamaan telah menjadi program seperti  diskusi ilmiah, penampilan budaya seperti tari, winter trip (jalan-jalan bersama dimusim dingin), seminar/konferensi internasional, asistensi para pelajar dan tamu Indonesia yang ingin berstudi atau berkunjung ke India, dan lain sebagainya.

PPI India telah membangun jaringan serta aktif bekerjasama, khususnya kepada Atase Pendidikan KBRI New Delhi yang sekaligus menjadi Pembimbing PPI India yaitu bapak Kepala Atase Pendidikan, Prof. Iwan Pranoto. Selain itu, secara global PPI India merupakan bagian dari Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) dimana yang telah eksis di 46 negara dengan regional Asia-Oseania, Amerika-Eropa, dan Afrika-Timur Tengah.

2 comments

  1. Wibias Muliawan

    Selamat malam kak,
    Perkenalkan saya muliawan, mahasiswa ITB. saya mau tanya kak, kalau di India perlu visa transit ga ya kak? terima kasih :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*