Shimla: India Rasa Eropa

Winter Tour PPI India

Winter Tour PPI India

Libur t’lah tiba, libur t’lah tiba, hatiku gembira…

Lirik lagu yang pernah dipopulerkan oleh Tasya ini, sepertinya tepat untuk menggambarkan suasana liburan akhir semester teman-teman PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) di India. Tema liburan kali ini adalah “Winter Tour”, pasti dari teman-teman bertanya-tanya, “liburan ada temanya ya?” “mengapa demikian?” dan “kemana saja mereka pergi?”. Mari kita simak satu persatu…

“Winter Tour” adalah salah satu program kerja Divisi Keanggotaan PPI India yang dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2017-3 Januari 2018. Asnawy, ketua panitia menjelaskan bahwa pada bulan tersebut adalah waktu yang tepat untuk bermain salju di daerah utara India seperti Shimla maupun Manali. Tentu bagi mahasiswa Indonesia-penduduk tropis- mempunyai tantangan tersendiri untuk melewati musim dingin di Shimla dan Manali. Mengingat suhu yang sangat ekstrim disana, banyak perlengkapan yang telah dipersiapkan sebelumnya seperti jaket, sarung tangan, selimut maupun sleeping bag.

Destinasi awal PPI India yaitu Hyderabad. Kota yang terletak di Telangana, Andhra Pradesh ini menyuguhkan beberapa tempat yang wajib dikunjungi, salah satunya yaitu Makkah Masjid dan Charminar. Setelah beberapa jam, kemudian dilanjutkan dengan mencicipi kuliner disekitar Charminar. Selain itu,  hal yang tidak terlewatkan bagi kaum Hawa adalah mencoba memakai kain sari. Belum terasa di India jika belum pernah memakai kain sari bukan?. Dengan latar belakang kampus Osmania University, kami pun memaksimalkan waktu tersebut untuk mengambil foto bak artis Bollywood.

Sesuai rencana awal, kami melanjutkan perjalanan ke Shimla. Rute yang kami tempuh yaitu dengan kereta (Hyderabad-Delhi) 33 jam dan 9 jam bus dari Kashmiri Gate, Delhi menuju Shimla. Tepatnya jam empat pagi, kami sampai di Shimla, seperti apa yang kita bayangkan sebelumnya, suhu kawasan Shimla mencapai -7 derajat celcius.   Lantas, tempat apa saja yang kami kunjungi?

Mall Road, Shimla

Mall Road, Shimla

Mall Road – Keindahan kota Shimla terlihat disepanjang toko-toko di kawasan Mall Road. Pusat perbelanjaan ini seakan membawa kita menjelajahi kota di Eropa. Bagaimana tidak jika bangunan pemerintahan maupun rumah warga bernuansakan British Architecture. Pengunjung dapat melihat beberapa bangunan peninggalan Inggris, seperti Christ Church, Perpustakaan Umum dan galeri lukisan di pusat Mall Road.

Jakhoo Temple – Salah satu tempat peribadatan bagi umat Hindu di Shimla yaitu Jakhoo Temple. Dari Christ Church menuju Jakhoo Temple membutuhkan waktu 15 menit dengan mengunakan mobil. Candi dengan latar belakang hutan pinus dan terdapat patung Hanoman setinggi 39 meter  ini menjadikan Shimla sebagai kota yang wajib dikunjungi oleh para turis. Disamping itu, tidak jauh dari Jakhoo Temple, kami melihat pemandangan kota Shimla dari atas kereta gantung.

Bird Park – Taman edukasi yang wajib dikunjungi salah satunya adalah Taman Burung. Disana, kami disuguhkan beberapa burung maupun unggas langka. Sedikit berbeda dari tempat wisata lainnya, pengelola hanya mengizinkan satu buah kamera dan itu pun kamera DSLR bukan kamera telepon genggam.

Indian Institute of Advance Studies (IIAS)

India Institute of Advance Studies (IIAS)

India Institute of Advanced Study (IIAS) – Tempat foto yang paling menarik di Shimla yaitu di IIAS. Bangunan kuno peninggalan Inggris pada tahun 1884 menjadikan Shimla sebagai kota rasa Eropa. Disetiap sudut bangunan IIAS menjajakan pengunjung seolah berada di asrama Hogwarts, asrama fiktif dalam film Harry Potter. Selain itu, teman-teman PPI pun juga berkesempatan mengambil beberapa foto di sekitar perpustakaan IIAS.

Sangat menarik bukan?, selain di Shimla, kami juga mengunjungi Manali dan menikmati pemandangan Pegunungan Himalaya yang berhiaskan salju. Nantikan tour selanjutnya ya!

Life is either a daring adventure or nothing – Helen Keller

Penulis:

Risa Suryani

M.A. in English

Mangalore University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*