Promosi Makanan Indonesia di JNU Food Festival

Pada hari Senin 26 Januari 2015, International Student Association (ISA) Jawaharlal Nehru University (JNU) New Delhi kembali menyelenggarakan acara tahunannya yakni International Food Festival. Untuk kesekian kalinya, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) India berkerja sama dengan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indoneisa (Atdik KBRI) New Delhi ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan tahunan tersebut. Acara yang berlangsung di Jehlum Lawn, JNU , New Delhi tersebut diikuti oleh 17 negara antara lain Jepang, Korea Selatan, Perancis, Palestina, Afghanistan, Nepal, Indonesia, Bangladesh, dan lain sebagainya. Acara ISA diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan aneka hidangan yang menjadi ciri khas tiap negara.

JNU Food Fest

Indonesia menempati stall nomor 8 bersebelahan dengan Jepang dan Korea Selatan. Pada ajang internasional tersebut, Indonesia menyajikan 2 tipe hidangan yakni hidangan vegetarian (veg) dan hidangan nonvegetarian (nonveg). Untuk hidangan vegetarian Indonesia menyajikan Sate Tempe dan Sate Jamur. Pembuatan Sate Tempe dan Sate Jamur cukup mudah, bahan dasar sate dan jamur dipotong menjadi ukuran kecil kemudian dibalut dengan tepung terigu yang telah dicampur dengan air dan bumbu dasar lalu digoreng. Keduahidangan vegetarian tersebut disajikan layaknya seperti sate—ditusuk dengan batang lidi yang sebelumnya telah dibersihkan—dan untuk menambah cita rasa pelanggan bisa menambahkan sambal cabai hijau ala Indonesia atau saus tomat.Untuk hidangan nonveg Indonesia menyajikan Sate Madura dan Bakso Kuah Ayam. Kedua hidangan tersebut berbahan dasar ayam. Hidangan bakso yang bisanya berbahan dasar daging sapi disesuaikan dengan budaya setempat sehingga panitia Indonesia menggunakan daging ayam. Hanya dengan Rs 50,- atau sekitar Rp 10.000,- para pengunjung sudah bisa menikmati hidangan vegetarian asli Indonesia. Sedangkan untuk hidangan nonvegetarian bisadinikmati oleh pengunjung hanya dengan Rs 70,- atau sekitar Rp 14.000,-

Keikutsertaan Indonesia di acara JNU Food Festival ini adalah untuk memperkenalkan kekayaan kuliner dan cita rasa Indonesia. Acara yang berlangsung dari pukul 17.00 – 23.00 waktu setempat tersebut dihadiri oleh ribuan orang. Kepala Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi, bapak Iwan Pranoto,  menghadiri dan turut meramaikan stall Indonesia bersama dengan beberapa staf lokal KBRI New Delhi lainnya.

Antusias masyarakat setempat terhadap masakan Indonesia cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan larisnya pembelian makanan di stall Indonesia. Kesuksesan Indonesia pada kegiatan ISA diharapkan dapat menjadi promosi budaya dan wisata kuliner Indonesia yang efektif kepada masyarakat India pada umumnya dan khususnya masyarakat New Delhi.

 

Penulis:

Siti Fathurrohmah

Mahasiswa tingkat pertama Bsc (Hons) Microbiology, Delhi University

Editor:

Reza Pahlevi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*