PERHELATAN WONDERFUL INDONESIA 2018 DI ALIGARH

Organizer, Volunteers and Talents, Wonderful Indonesia 2018

Organizer, Volunteers and Talents. Wonderful Indonesia 2018

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Aligarh, India (PPI ALIGARH – INDIA) untuk pertama kalinya dalam sejarah menyelenggarakan Wonderful Indonesia 2018 dengan mengangkat tema “Harmony in Cultural Diversity” di Aligarh Muslim University, India. (24/03/2018 – 25/03/2018).

Terjun langsung sebagai organizer, Bayu Satria Gumala (koordinator acara), bersama 33 Mahasiswa Indonesia di Aligarh berkolaborasi dengan Cultural Education Centre (CEC) Aligarh Muslim University, yang merupakan wadah pendidikan, kesenian dan kebudayaan bagi mahasiswa di universitas tersebut. Tak sampai disitu saja, untuk memeriahkan acara ini, panita mendatangkan langsung dari Indonesia Sanggar Merah Delima Universitas Al-Muslim Biruen, Aceh dan Seniman Angklung asal Bandung, Wildan Qadaris.

Acara ini diawali dengan apik oleh Sanggar Mirah Delima melalui Tari Ranup Lampuan, dilanjut dengan pembukaan acara secara resmi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk India, Bapak Sidharto R. Suryodipuro secara simbolis dengan membunyikan Angklung bersama. Dalam sambutannya, Bapak Dubes mengatakan, “KBRI senang sekali menjadi bagian dari upaya untuk mendukung kegiatan mahasiswa, walaupun ini yang pertama, mudah-mudahan bukan yang terakhir”. Beliau tersenyum sumringah.

Hadir sebagai undangan, Bapak Anwar Idris (Anggota DPR RI Komisi X), Prof. Javaid Akhtar (Registrar Aligarh Muslim University) beserta petinggi universitas dan AMU Student Union (BEM). Turut hadir Asosiasi Pelajar Asing di Aligarh Muslim University yang berasal dari Thailand, Yaman, Jordan, Afganistan, Mesir, dan Mauritius. Melalui acara ini, diharap dapat mengenalkan lebih baik keindahan dan keramahan masyarakat Indonesia guna mempererat hubungan antara Mahasiswa Indonesia dengan pihak kampus dan mahasiswa lainnya baik asing ataupun India.

Grand Opening, Wonderful Indonesia 2018

Grand Opening, Wonderful Indonesia 2018

Masuk ke acara utama di Kennedy Auditorium Aligarh Muslim University, berbagai kesenian dan kebudayaan Indonesia disajikan, diantaranya; Tari Saman, Tari Gemu Famire dan Pencak Silat yang dipersembahkan oleh Mahasiswa Indonesia di Aligarh Muslim University. Tari Rapai dan Tari Suloh oleh Penari dari Sanggar Mirah Delima. Angklung Interaktif dan Arumba oleh Wildan Qadaris. Asosiasi Mahasiswa Thailand di Aligarh juga ikut memeriahkan acara di sore hari itu dengan menampilkan Thai Boxing. Acara di hari pertama tersebut ditutup dengan manis oleh Mahasiswa Indonesia dengan menampilkan Medley Akustik Lagu Daerah berkolaborasi dengan Wildan Qadaris.

Tari Saman, Wonderful Indonesia 2018

Tari Saman, Wonderful Indonesia 2018

 

 

Pencak Silat, Wonderful Indonesia 2018

Pencak Silat, Wonderful Indonesia 2018

 

Medley Lagu Daerah, Wonderful Indonesia 2018

Medley Lagu Daerah, Wonderful Indonesia 2018

 

Sanggar Merah Delima, Wonderful Indonesia 2018

Sanggar Merah Delima, Wonderful Indonesia 2018

Tepat di luar Kennedy Auditorium, Panitia Wonderful Indonesia 2018 menggelar Food Festival. Terdapat 7 Stand (booth) yang terdiri dari kuliner Indonesia yang menggugah selera seperti, Sate Ayam, Lontong Sayur, Es Buah, Risol, Martabak Manis dan perwakilan booth dari KBRI untuk mempromosikan Indonesia serta memberikan informasi mengenai Beasiswa ke Indonesia yang sukses menarik perhatian pengunjung.

Pada hari kedua (25/04/2018) yang tak kalah semarak, dimulai dengan pemutaran Film “The Raid”. Para penonton, terutama Mahasiswa India terlihat antusias berbondong-bondong memenuhi Kennedy Auditorium untuk menyaksikan film laga aksi tersebut. Dilanjutkan dengan Fashion Show pakaian adat dari bermacam daerah di Indonesia yang menyedot perhatian serta decak kagum penonton. Deretan pakaian adat asal Indonesia yang dipamerkan antara lain; Pakaian Adat Bali, Kebaya, Pakaian Adat Sumatra, Melayu, Jawa, Baju Merak, juga kostum Gatot Kaca yang tak luput dipertunjukkan. Acara ditutup sore hari dengan Musical Evening, banyak dari penonton yang ikut terhanyut oleh musik yang dimainkan, beberapa dari mereka ingin penyanyi Indonesia menyanyikan lagu India, suasana ramai begitu menyenangkan.

Cukup mendapat atensi dan apresiasi dari penonton yang jumlahnya hampir 2000 orang, kesuksesan acara ini merupakan buah dari kerja keras panitia dan volunteer serta para sponsor: KBRI New Delhi, Food Cave Restaurant, Zayka Restaurant, Souq Al- Buhair, OIA Qatar, dan AMUAAQ Executive, dukungan dari PPI Dunia, PPI Asia Oseania, PPI India, Universitas Al-Muslim. Serta Media Partners; PPI TV, Jawa Pos, Bytes Today, Koran Desa, dan Harian Fajar Makkasar.

Yasmin Anbar Lazuardi

BA Linguistics

Aligarh Muslim University

(Editor: Nisa Paramadina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*