Media Fest 2015: Pesona Indonesia dalam Tarian, Nyanyian, dan Peragaan Busana

Media Festival 2015 English and Foreign Languages University di gelar pada awal Maret 2015. Beberapa kompetisi pun digelar. Salah satu kompetisi untuk publik adalah kompetisi tari. Tahun ini teman-teman komisariat Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) India Komisariat Hyderabad ikut serta dalam kompetisi  tari. Tema kompetisi tari Media Fest tahun ini adalah free style. Tidak ingin tidak berpartisipasi PPI Komisariat Hyderabad pun ikut serta dalam kompetisi ini.

AsmaradanaAsmaradana adalah judul tarian modifikasi yang diususung kelompok tari PPI Komisariat Hyderabad. Kali ini kelompok tari yang beranggotakan Kartika Indah Permata, Reza Pahlevi, Muhammad Faiq, Rahmiaty dan Nur Rosita berusaha memadukan tiga elemen sekaligus yakni pencak silat, tari jawa kontemporer, dan rock ‘n’ roll. Dengan tidak menaruh harapan untuk menang dalam kompetisi tari ini, kelima mahasiswa Indonesia yang tergabung di kelompok tari PPI Komisariat Hyderabad ini memberanikan diri mempertunjukkan unsur budaya Indonesia dalam tarian mereka meski tema kompetisi ini adalah tarian free style.

“Kan persepsi free style setiap orang berbeda. Tergantung background orang tersebut. Nah, ini free style ala Indonesia hehe,” ujar Kartika pelatih tari PPI Komisariat Hyderabad sambil berkelakar.

Uni NyanyiMeskipun tidak berharap banyak, kelompok tari PPI Komisariat Hyderabad berhasil menyabet juara tiga pada kompetisi tari Media Fest 2015 yang diikuti kurang lebih 10 kelompok tari lainnya. Selain tarian, kompetisi yang dimenangkan mahasiswa Indonesia adalah kompetisi bernyanyi The Voice of EFL University. Meski kompetisi ini bersifat internal mahasiswa EFL University saja, Sutria Rahayu atau yang akrab dipanggil Uni perwakilan PPI Komisariat Hyderabad berhasil menyabet juara tiga dengan menyanyikan lagu melayu Nirmala. Uni tidak menyangka bahwa penonton dan juri yang bukan merupakan orang Indonesia menikmati lagu yang ia nyanyikan. Penampilan Uni disambut riuh tepuk tangan penonton.

Kartika KikiPada malam penutupan Media Fest 2015, baik kelompok tari PPI Komisariat Hyderabad mau pun Uni diminta kembali tampil. Bukan hanya menari dan bernyanyi, mahasiswa Indonesia juga berpartisipasi pada Etnic Show pada penutupan Media Fest 2015 di EFL University. Muhammad Kiki Wardana (Ketua PPI Komisariat Hyderabad) dan Kartika Indah Permata memamerkan pesona kain Bali dan kain batik jawa pada peragaan busana tersebut. Peragaan busana tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan negara bagian di India dan beberapa negara di luar India. Penampilan unik mahasiswa Indonesia menuai banyak decak kagum. Para penonton sangat antusias dan apresiatif menyaksikan pertunjukan tersebut. Tidak sedikit yang mengucapkan selamat, meminta untuk berfoto bersama, dan bertanya mengenai Indonesia.

Penulis:

Reza Pahlevi, MA candidate Osmania University

Foto Oleh:

Rozi Fah, Sutria Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*