Mahasiswa Indonesia Tampil Beda di Aligarh Muslim University

IMG_20180225_153227

Budaya merupakan salah satu identitas dan kebanggaan suatu bangsa di setiap negara. Keragaman budaya meliputi seni, makanan, dan bahasa di Indonesia melahirkan citra yang tidak ternilai harganya. Sehingga, kata “wonderful” yang disematkan untuk mendeskripsikan Indonesia melahirkan identitas tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Sebagai agen sekaligus representatif yang mencintai budaya Indonesia, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Aligarh melakukan berbagai hal dalam rangka mengenalkan budaya Indonesia. Salah satunya dengan ikut berpartisipasi dalam event internasional.

Acara bertajuk “Foreign Students Cultural Fest” yang diadakan Student Union Aligarh Muslim University, dimeriahkan oleh seluruh mahasiswa asing di Aligarh Muslim University. Selain Indonesia dan India, negara seperti Iran, Thailand, Yaman, Jordan, Mauritius, Mesir, Bangladesh dan Afghanistan ikut serta berpartisipasi dalam memeriahkan acara tersebut.

Hal ini menjadi momen berharga bagi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) India, komisariat Aligarh dalam mengikuti dan memeriahkan acara yang diselenggarakan di indoor Kennedy Hall, Aligarh Muslim University, Uttar Pradesh, India, pada Selasa lalu (20/2/2018)

Dalam acara tahunan ini, Indonesia tidak pernah absen dan selalu diminta untuk berpartisipasi. Mulai dari  menampilkan Gemu Famire, tari Indang Badindin hingga tari Saman. Namun di event kali ini, ada yang sedikit berbeda dari penampilan-penampilan sebelumnya dikarenakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Aligarh mempersembahkan permainan musik akustik dengan membawakan “medley lagu daerah Nusantara”.

Menurut Indra Samudra, Mahasiswa S1 departemen linguistik dan sekaligus sebagai ketua divisi kebudayaan PPI India, memaparkan bahwa event tersebut bertujuan untuk memperkenalkan serta mempromosikan kekayaan musik dan lagu daerah yang ada di Indonesia.

“bukan hanya menampilkan musik akustik dan medley lagu daerah saja, kami juga mempromosikan Batik, mengenalkan keragaman budaya, makanan hingga kekayaan laut Indonesia dari Sabang sampai Merauke melalui slide-show” papar Indra.

Hal senada juga dipaparkan oleh Wakil Ketua PPI India Amelia Suharji, Mahasiswi Pasca Sarjana di departmen Ilmu Politik “Selain belajar di negara orang, kita juga mempunyai tugas yang tidak kalah penting yaitu mempromosikan budaya Indonesia ke seluruh dunia”.

“Melalui event tersebut, sudah seharusnya sebagai generasi-generasi penerus bangsa, dengan beragamnya pengaruh terhadap budaya di abad 21 sekarang, kita tidak hanya melestarikan dan menjaga budaya, namun juga mempromosikan dan memperkernalkan ke seluruh dunia. Itulah yang seharusnya tertanam dan tersimpan di benak sanubari setiap pelajar indonesia di manapun mereka berada”. Ungkap Amelia.

Dengan demikian, sebagai pelajar Indonesia di luar negeri agar selalu berupaya untuk terus menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Selain  itu juga, agar generasi muda selalu memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan “Wonderful Indonesia” di mancanegara. Sehingga, dunia akan mengenal Indonesia bahkan bisa menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia.

 

Penulis: Raegen Harahap – Pasca Sarjana di Aligarh Muslim University

Editor: Fajar R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*