ICCR WINTER CAMP

Salam PPI,

Aku mau cerita mengenai pengalamanku mengikuti ICCR Tour nih. ICCR Tour / ICCR Camp, adalah sebuah program sepaket dengan beasiswa ICCR yang diberikan pemerintah India keseluruh pelajar hampir dari seluruh belahan dunia!

ICWinter CampCR Tour merupakan acara cultural setiap semester, yaitu saat summer break: ICCR Summer Camp, dan saat winter break: ICCR winter Camp (ya tahu sendirilah,yang jelas bukan pada saat musim rambutan).

Pesertanya adalah para awardee ICCR, yang sedang menjalani pendidikan di India. Bagi yang sedang belajar di India tapi tidak dibawah beasiswa ICCR, boleh ikut mendaftar, dengan biaya yang lebih mahal.

Untuk pelajar ICCR, peserta harus membayar Rs. 3000, sedangkan yang bukanharus membayar Rs. 10,000. Nah istimewanya anak ICCR uang 3000 Rupees tersebut akan dikembalikan saat Camp selesai. Bahkan banyak anak yang bilang kalau-kalau tidak direimburse pun tidak apa, karena Camp ini camp istimewa dan mewah.

Camp ini berlangsung selama 8-9 hari, mengunjungi beberapa tempat penting di India, seperti istana-istana di Rajasthan, pegunungan di Himachal Pradesh, pantai di Goa, Mumbai, Kerala, Chennai, pegunungan di Darjeeling, Sikkim dan masih banyak lagi.

Edisi yang saya ikuti kemarin adalah Winter Camp 2014-2015, sektor Rajasthan, mulai dari Delhi-Bikaner-Jaisalmer-Jodhpur-Udaipur-Ajmer-Jaisalmer-Delhi. Di setiap kota kita menghabiskan waktu sekitar satu-dua hari, bergantung luas kota dan tempat yang dikunjungi.

Apa saja yang harus di bawa?
Karena waktu itu winter, maka pakaian winter, jaket secukupnya. Nggak usah bawa selimut, hellow??!! Hotel bintang cuy, pasti lengkaplah fasilitasnya. Karena Rajashtan tetap sunny, meskipun dingin, disarankan bawa sunglasses, karena memang mataharinya tetap nyentrong.

Uang secukupnya buat oleh-oleh si dia yang lagi nunggu di kampung halaman. Kenapa istimewa dan mewah? Karena saya pernah menghitung dengan buku panduan yang biasa saya bawa selama traveling pribadi, (yak perkenalkan, namasaya Syauqi Hidayat, petualang ulung dari negeri timur dan nenek moyangku seorang pelaut) hotel yang disediakan ICCR selama Camp merupakan hotel berbintang, paling tidak bintang tiga.

Salah satu hotel yang saya tempati pernah merupakan Governor Palace di jaman pendudukan Inggris dulu, dan tarif per malamnya untuk satu kamar isi dua orang di atas Rs. 4000. Pokoknya jamin deh, menteri dari Indonesia yang ngunjungi India saja mikir dua kali untuk nginep di tempat seperti itu. Bahkan hotel terakhir yang saya tempati di Jaipur seharga Rs.7000 permalam!!!

Hal yang kita kunjungi bermacam-macam, mulai dari peninggalan Mughal Empire sampai keindahan alam India. Semuanya gratis, dan kita ditemani guide kelas satu! Karena kita mahasiswa semua dan mahasiswa dari mancanegara, mereka tidak mau malu dan tahu kalau kita kumpulan orang-orang berpendidikan.

Nah, cerita tentang turnya sudah, bagaimana dengan teman-teman selama perjalanan?

Kita akan bertemu dengan sesama mahasiswa ICCR dari berbagai penjuru benua, yang sedang belajar di berbagai penjuru di India, mulai dari yang ngampus di utara Haryana, Punjab, sampai yang ngampus di pucuk selatan, Bangalore, Kerala. Kita belajar, bersenang-senang, berkenalan satu sama lain, sampai gila-gilaan.
Acara rutinnya yaitu, bangun pagi, sarapan 4 sehat 5 sempurna, terus cultural trip (a.k.a jalan-jalan), makan siang, balik jalan-jalan lagi, sampai malam, makan malam, “Zeit zu tanzen oder spielen” (dance time atau game) terus bobok malem – Repeat. hehehe

Ketika farewell night, banyak yang menangis, saling berpelukan, yang selama perjalanan menutupi persaannya sama si dia, diungkapkan juga pada saat farewell, wakakkawakk. Jadi campur aduk lah.
Pada intinya, kita berterimakasih sekali sama pemerintah India khususnya ICCR, karena kita belum pernah dengar ada beasiswa di negeri lain yang menawarkan program unik dan kreatif seperti ini.
Cerita apa lagi yah???

Tonton video perjalananku yuk di:
Rajasthan Day 1 dan Rajasthan Day 2

Salam PPI,

Syauqi Hidayat
3rd Year Student of Chemical Engineering
NIT Warangal

Kamu bisa sapa-sapa Syauqi di:
Syauqi Hidayat

Artikel ini pernah diposting di:
https://readingischeap.wordpress.com/2015/01/28/tur-gratis-beasiswa-iccr/
dan
PPI Hyderabad

Editor:
Reza Pahlevi

2 comments

  1. Ceritanya mas Uqi bikin kepengen ikut tripnya ICCR meskipun saya bukan warga ICCR

    mmm tapi itu Bangalore sejak kapan pindah ke Kerala? hehe. Bangalore masih setia di Karnataka kok mas

    Ditunggu cerita lainnya mas

    • hehe mbak archi, itu editornya kurang teliti kayaknya,
      itu mksud saya sampai pucuk selatan Bangalore dan Kerala.
      ditunggu cerita mbak archi dari cerita kehidupannya di Koppa(L;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*