Hubungi Kami

Teman-teman dapat menghubungi kami, menyampaikan pesan dan tanggapan, serta tanya jawab seputar kehidupan dan tinggal di India, belajar dan sistem pembelajaran pada perguruan tinggi di India, dan termasuk mengenai ragam beasiswa yang ditawarkan untuk belajar pada perguruan tinggi di India. Pertanyaan dapat disampaikan pada kolom komentar halaman ini.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, teman-teman juga dapat menghubungi kami melalui Email, Facebook maupun Twitter. Selain itu juga bisa menghubungi langsung para Pengurus PPI India (klik disini).

179 comments

  1. saya mau tanya, untuk bisa mendapatkan beasiswa master sekolah ke india harus pegawai negeri atau fresh graduate S1 bisa ?

    • Tidak ada persyaratan harus pengawai negeri atau PNS. Banyak para penerima beasiswa (ICCR) di India saat ini adalah fresh graduate (dari S1).

      • Assalamualaikum kakak sekalian.
        Aku insya allah akan berangkat ke india untuk internship bulan juni mendatang. Adakah kontak yang bisa aku hubungi untuk menjalin silaturahmi selama berada di india dan juga untuk bertanya mengenai keberangkatan dan lain hal.
        Terimakasih

        • Hi Fadila,

          Kalau boleh tahu kota tujuan internship kami apa ya? Biar bisa kami matchingkan dengan anggota PPI/mahasiswa Indonesia d kota setempat.

          Salam dari India πŸ™

  2. Saya ingin kuliah S2 Bidang ilmu Hukum/Ilmu Politik di India tahun 2015 latar belakang Pendidikan saya S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan dari Universitas Jambi, apa saja yang persyaratan untuk bisa kuliah di Salah satu universitas India bidang Ilmu Huku/Ilmu Politik, bisakah Teman-teman dari PPI India membantu saya? Terima kasih…

    • Untuk kuliah di bidang hukum harus memiliki gelar LL.B. (atau kalau di Indonesia adalah Sarjana Hukuum atau SH). Jika itu pendidikan terakhirnya Mas adalah S1 Ilmu Ekonomi, berarti setara dengan BA. Maka untuk S2 Hukum di India berarti Mas harus punya gelar SH dulu atau ambil LL.B. dulu, karena persyaratan kuliah hukum di India sebelum LL.B. (3 tahun) harus memiliki gelar BA atau BBA, atau kuliah integrated course BA LLB (5 tahun). Kampus hukum terbaik di India ada di NLSIU Bangalore, NALSAR University of Law Hyderabad, NLU Jodhpur dan WB NUJS Kolkata. Sedangkan untuk kuliah S2 Ilmu Politik, bisa ambil di JNU New Delhi atau di University of Hyderabad.

  3. Halo , ada beberapa hal yang ingin ditanyakan mengenai studi di india :)
    1. kalau di aligarh muslim university apakah ada program ekstensi ke s1?khususnya untuk bidang akuntansi..
    2. kalau tidak ada, universitas mana yang menyediakan program ekstensi ke s1 (atau sederajat) di india?dan kalau ada yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar kuliah :)
    3. Jika program ekstensi itu ada, tes semacam apa yang akan saya jalani?
    Dan kalau ada info yang lebih lengkap boleh dikirim ke email saya,
    Terimakasih :)

  4. oh tambahan, yang saya tanyakan mengenai ekstensi itu untuk bidang akuntansi, karena saat ini saya sedang menempuh pendidikan d3 u/ jur akuntansi. Saya mmilih untuk ekstensi akun agar sks saya tidak terlalu banyak yg gugur. kemudian tambahan yg lain, jika ada, tolong berikan rekomendasi kampus2 terbaik india yg memiliki program ekstensi tersebut, Terimakasih :)

  5. m.agus bahrul ulum

    gimana cara pengajuan beasiswa di india

  6. Mau tanya, untuk S2 farmasi bidang farmakologi ada gak? Kalau ada, universitas apa yang direkomendasikan? Terima kasih :)

  7. kalau sudah dinyatakan lulus beasiswa iccr kita berangkat ke india sendiri apa bersama dengan rombongan yang lulus lainnya?

    • Hi Ayu…

      Biasanya diberitahu siapa saja yang keterima beasiswa dan disarankan untuk janjian berangkatnya dengan teman yang lain.

      :)

  8. Salam,

    Apakah boleh saya mengetahui e-mail PPI Austria untuk dihubungi seputar gerakan internasional Indonesian Tempe Movement?

    Terima kasih

    Dengan rendah hati,

    Amadeus Driando Ahnan
    Youth Coordinator
    Indonesian Tempe Movement

  9. selamat sore…

    mhn bantuan dan informasinya. kami staf pengajar universitas di prov. Kalimantan Selatan, berkesempatan untuk menghadiri konferensi public health yg akan diadakn pd 11-15 february 2015 di calcuta, india. mhn kiranya, krn ini adalh kali pertama kami menginjakkan kaki ke india untuk informasi pengurusan transportasi dari indonesia – calcuta dan kami mohon bantuan rekan-rekan untuk akomodasi yg terjangkau (murah) selama kami di sana.

    demikian…terima kasih yg tak terhingga buat rekan-rekan atas bantuannya.
    salam
    tien, leni dan todi

    • Hi…

      Ada penerbangan yang bisa jadi alternatif ke kalkuta dengan harga yang lebih terjangkau.
      Cek ke airasia.com ada penerbangan dari Jakarta – Kolkata dan untuk tanggal diatas ada harga promo yg lebih murah.

      Selamat mencoba

  10. ok… untuk penginapan? acara kongres diadakan di kalkuta di science city.
    kira2 penginapan yang murah dimana?

  11. Bisa diinformasikan di mana ya atau bagaimana caranya untuk pengiriman buku dr India ke Indonesia ? Dan biaya.nya berapa ya ? Apakah nanti akan dikenakan pajak oleh bea cukai lagi ya ?,Thx info.nya

    • Halo Hanifa. Biasanya melalui Indian Post. Untuk harga tiap daerah beda. Bisa di cek sendiri. Dan biasanya gak kena pajak. Good luck

  12. Dear Pengurus PPI India
    di Tempat

    Mohon bantuan dan informasinya. Kami mahasiswa Universitas Indonesia berkesempatan menghadiri International Conferences di bidang Kimia pada tanggal 15-17 Januari 2015 di New Delhi, India. Akan sangat berkenan jika kami bisa mendapatkan informasi seputar transportasi Jakarta-New Delhi yang murah, serta akomodasi yang murah dan strategis di sekitar tempat conferences. Bolehkah kami meminta alamat email yang dapat dihubungi terkait perjalanan kami disana atau nomor WhatsApp?

    Demikian. Terima kasih atas perhatiannya.

    Best Regards,
    Yusuf, Arsy, Ayu, Beryl,
    Mahasiswa Kimia FMIPA UI Batch 2012

  13. Malam kk PPI India,sy ingin mengajukan bbrpa pertanyaan,namun saya mohon maaf sblmny jk trnyata pertanyaan saya ini telah diajukan oleh rekan2 yg lain.
    1.Sy adl S1 jurusan Akuntansi,namun hny memiliki gelar SE,blm mengambil program PPAK,jurusan apa yg bisa sy ambil untuk S2 nya ,jika sy ingin kuliah di Mumbai University dan minat saya lebih kearah hukum , bisnis , atau perpajakan?
    2.Apakah untuk memperoleh beasiswa S2,kita diwajibkan untuk membuat essay terlebih dahulu?
    3.Apakah untuk mendaftar program beasiswa ini, diperlukan Surat Keterangan Lulus dr univ kita di Indonesia,dan berapa minimal IPK yg hrs kita punya?
    4.Untuk bertanya – tanya lebih detail, dapatkah kita mendatangi atau menghubungi kedutaan besar di Indonesia?
    Trm ksh atas perhatian dan blsnnya.Mohon dibls.

  14. NURTRIA RENDI RAHMADI

    Assalaamu’alaikum,

    Perkenalkan nama saya RENDI, PNS Kemenaker. Numpang nanya : apakah PPI India punya data alumni orang Indonesia yg pernah mengikuti program Master’s Degree in Human Resource Planning & Development di Institute of Applied Manpower Research (IAMR) Delhi? Saya tertarik kuliah disana & pengen info lengkap dari orang-orang Indonesia yg pernah berkuliah disana (jika ada). Mohon infonya jika ada, terima kasih ^_^

  15. salam,

    saya ingin kursus bhs inggris di india utk keperluan studi ke new zealand. mohon info ttg biaya seluruhnya. tksh.

  16. sore.. sy mau daftar kuliah di india dengan biaya sendiri. denger2 mulai buka maret sampai mei. sy mau daftar di Jamia millia islamia atau di delhi university atau di EFLU dengan jurusan linguistik. itu biaya nya berapa ya persemesternya? trus universitas mana yang tidak pakai ujian masuk ya.. dan bisa minta bantu dengan anak PPI India soal registrasinya dengan biayan berapa ya? Terimakasih….

  17. Dear rekan2 PPI, saya Yorri,tugas di dishub diy. Akhir desember lalu,saya dinyatakan diterima di institute of applied manpower research, new delhi prog. Magister for human resource planning & development melalui prog ITEC (Indian technical & economic cooperation). Saya ingin tahu lebih banyak tentang college milik pemerintah tersebut dari sisi PPI India.sempat browsing di web namun mungkin informasi disitu kurang representatif.
    Untuk reply bisa disini/ di e-mail saya di atas.
    terima kasih.

  18. Saya sedang mengajukan beasiswa LPDP untuk studi S2. Saya sih inginnya bisa melanjutkan di India. LPDP hanya memberi pilihan IIT Delhi, IIT Mumbai dan IIT Kanpur. Oh ya saya lulusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya. Saya baca panduan admission di foreign nationals di IIT Delhi tidak terlalu clear dokumen apa saja yang harus di-submit. Terus harus dikirim ke mana ?. Mohon bantuannya supaya clear dan saya bisa dapat LoA dari IIT Delhi. Rencana mengambil MS(Research) Mechanical Engineering atau M.Tech Production Engineering.

  19. ass. alaikum
    saya sudah diterima di salah satu kampus di pune, tapi saya tidak ada pengetahuan soal india sama sekali. bisa minta tolong untuk dibimbing sampai ke kampus?

  20. ass. alaikum
    saya sudah diterima di salah satu kampus di pune, tapi saya tidak ada pengetahuan soal india sama sekali. Bisa minta tolong bimbingannya di india, untuk mengurus berkas2 dan lain2?

  21. selamat pagi…. saya ingin tanya: (1) apakah transportasi publik yang aman di new delhi (from/ to airport?) dan berapa biayanya? (2) adakah asrama/ hotel dekat/ di dalam kampus Jawaharlal Nehru Univ yg aman? Saya berencana datang ke JNU selama 1 minggu saja… trims sebelumnya

  22. Selamat sore kak. Saya berencana melanjutkan study s1 di Aligarh Muslim University dengan biaya sendiri, bisakah saya minta contact kakak kakak yg ada di AMU terkhusus yg sedang menjalani program S1

  23. Assalamualaikum..

    Kak saya ingin bertanya, apakah kk kk sekalian ada yg menggunakan student loan utk study / biaya hidup ? Kalau ada, bagaimana mengurusnya..

    Terimakasih kak
    Wassalamualaikum

    • Waalaikumsalam.

      Setahu saya gak ada yang menggunakan student loan di India Dodi.
      Biasanya dengan beasiswa ICCR atau self finance karena biayanya relatif murah.

  24. Merdeka!

    Nama sy Didi, sy berkeinginan untuk melanjutkan S2 filsafat di New Delhi University tahun ini. Adakah teman-teman yang bisa membantu saya dalam prosedur pendaftaran? jika ada mohon sekali untuk mau membantu dan mohon kontaknya, atau bisa kirim via email kontaknya jika bersedia. semua persyaratan sudah siap, saya hanya rancu terhadap beberapa hal, tapi janji tidak akan sangat merepotkan. Tentu saja saya akan membayar biaya jasa sebagaimana kiranya. Terimakasih banyak atas perhatian dan bantuannya.
    Salam,
    Didi

  25. Halo teman2 PPI India,
    Saya juna, dn Sedang menyiapkan persyaratn untk Daftar S2 di JNU atau DU Dgn Self Finance. Saya ingin bertanya ttg toefl, Apakah toefl like dr lembaga kursus bhsa inggris bisa digunakan untk apply? Thx

  26. Hallo!
    Nama saya Ifa Amalia, saya baru mau naik kelas 3 SMA kak, tapi saya ingin siapin semuanya yang mungkin nanti saya butuhin kalau mendaftar kuliah.
    saya ada beberapa pertanyaan, mohon dijawab
    1. Saya ingin lanjut di International Studies / International Relations (S1) bagusnya di Univ mana? JNU atau Osmania Univ?
    2. Univ yang lingkungan internasionalnya lebih terasa itu univ apa ya? soalnya saya gak bisa bahasa hindi.
    3. Biaya kuliah dijurusan yang saya minati itu itu kira-kira berapa?
    4. berapa minimal nilai raport/ujian saya supaya bisa kuliah di India?
    5. Biasa nya buka pendaftaran bulan berapa? dan kalau ijazah belum keluar dan cuman surat keterangan lulus saja, apa bisa mendaftar?
    6. Apakah ada wawancara untuk masuk kampus?
    sekian, terimakasih atas jawabannya nanti^^

    • Halo Ifa…

      Mimin coba jawab ya…
      1. JNU tidak memiliki kelas untuk S1. Jadi kamu bisa coba ke Osmania University yang termasuk 10 besar universitas di India.
      2. Untuk beberapa kota memiliki bahasa daerah masing-masing. Untuk Osmania Univ berada di Hyderabad yang banyak penduduknya bisa bahasa inggris.
      3. Biaya kuliah relatif murah. Kamu bisa langsung ke website masing2 kampus untuk mengetahuinya.
      4. Nilai tergantung universitas masing-masing.
      5. Biasanya sudah mulai buka pendaftaran pada bulan Maret – Juni.
      6. Untuk mahasiswa asing tidak perlu.

      Selamat mencoba

  27. kak mau tanya, jurusan apa yang sering di ambil sama orang Indonesia di sana? jurusan apa yang peluang kerjanya banyak? makasih :)

    • Hai Hanny…
      Variasi banyak yg ambil sastra , linguistik, ilmu politik, science, dll.
      Peluang kerja tergantung pada masing masing bidang…

  28. Haloo.. Saya Shofi, dari Gerakan Indonesia Mengajar. Mau mengontak untuk keperluan kerjasama, bisa kontak ke mana ya? Terima kasih.

  29. Dear Admin PPI-India
    Hello, saya Septi…
    Bolehkah saya meminta bantuan untuk info dan cara pendafataran di Bangalore University di Biological Science
    Saya berencana kuliah PG Diploma disana tahun ini.
    Saya lihat dr web Bangalore University info admissionnya blm ada
    Saya sudah hubungi email koord. jurusan tsb namun krg tanggapan
    Adakah kakak2 PPI-India yang disana?
    Terimakasih

  30. salam kenal mas, saya mau tanya syarat pendaftaran di osmania atau aligarh dan kapan pendaftaran terakhirnya, mohon sangat ya mas,, terima kasih

  31. Salam,,,
    Maaf Kak, mau nanya,
    Saya Mustofa, mahasiswa S1 Hubungan Internasional yang berkonsentrasi di Kejahatan Trans-nasional,
    Mau nanya Kak, kan rencana kami satu angkatan mau ngadain KKL k Luar negeri, dan India adalah salah satu rujukan kami.
    Nah,,, kami mau minta saran kak, enaknya kami ke instansi atau Universitas mana yaa ? yang sekiranya selaras dengan konsentrasi kami.
    Terus, untuk tinggal dan transportasi, enaknya gmana Kak ?
    Terimakasih Kak sebelumnya.

  32. Selamat siang :)
    saya mhasiswa S1 fakltas pertanian jurusan mikrobiologi, saya sangat ingin melanjutkan s2 di delhi university jurusan mikrobiologi, sya sudah mencba menghubungi delhi university lewt email, tpi sudh lma bgt blm diblas ..
    mohon bntuan informasi tentng beasiswa yg ada dan prosedurnya, terima kasihhh πŸ˜€

  33. Halo Kakak2,
    ada emailnya PPI India kah?
    sy ingin bertanya secara privat.
    Terima kasih

  34. Selamat pagi, saya sudah message Rahma via facebook, tapi sampai skrang belum dbalas, apa ada yg bsa saya hubungi lagi? terima kasih

    • Assalamu’alaikum :)
      Saya siswi SMK jurusan bisnis management prog.keahlian administrasi perkantoran, saya ingin melanjutkan s1 di india, tapi saya tidak tahu universitas apa yang ada jurusan bisnis management. Kalo bisa universitas di delhi dan rata-rata pelajar muslim :)

      Saya juga mohon bantuan dan info untuk dapat beasiswa s1 di india, serta syarat dan prosedurnya. Terima Kasih πŸ˜€

      • Walaikumsalam….

        Halo Marizka…
        Di sini mayoritas Hindu susah kalo cari kampus yang rata2 muslim kecuali memang jurusan islam.
        Coba kamu cek di du.ac.in atau jmi.ac.in

        Selamat mencoba

    • Halo Nila…

      Coba di message lagi mungkin adminnya belum membaca. Maaf soalnya banyak yang message.

      Coba sekali lagi ya

  35. Hallo kakak2 PPI :) saya mau tanya apakah ada universitas di India yang membuka program ekstensi? mohon infonya ya, terima kasih :)

    • Hi Meidyana…

      Setahu mimin gak ada tuh. Soalnya di India rata2 kuliah S1 hanya 3 tahun saja.

      Good luck

  36. salam,
    saya mohamad padri, lulusan biologi unm, mau nanya kakak2 ppi. apakah ada alumni atau anggotanya yg sedang studi di teri university ? atau ada yg sedang mengikuti beasiswa sccf di bidang lingkungan pada universitas tersebut ? dan satu lagi kakak2 apakah ada yg kuliah d india dgn beasiswa selain lpdp dan beasiswa pemerintah india ?
    trima kasih banyak
    salam hormat

  37. Ida Bagus Dwija Permana Putra

    halo kakak2 PPI , saya mau tanya tentang kuliah jurusan ayurveda ada? dan apa nama universitasnya?
    terimakasih..

  38. Apa kabar teman-teman? Kita dari NET Citizen Journalist NET TV mau tanya kondisi cuaca di India gimana ya? teman-teman bisa kasih info ke seluruh dunia terutama ke Indonesia lewat kita. Jadi teman-teman bisa rekam video durasi 30 detik sampai 1 menit tentang kondisi di India terkait cuaca panas.
    Nanti kita akan tayangin di NET TV.

    Buat informasi silahkan hubungi kami via e-mail: redaksinetcj@gmail.com
    web: netcj.co.id
    twitter: @net_cj or @netmediatama
    Hotline: +628558550747
    Terima kasih..

    • Halo Net…

      Maaf ini musim ujian maka respon web agak lambat.
      Keadaan sudah membaik. Suhu sudah turun. Hujan sudah mulai turun di Kota2 seperti Hyderabad.
      Keadaan semakin baik. Suhu sudah mulai 39 derajat untuk Hyderabad yg tadinya sempat 47 derajat.

  39. Slamat sore kk ppi saya brncna lnjut S2 manajemen di india dngan self finance,,ap msih bka pndftranx?kira2 universitas apa yg bgus,,,dan apa kk2 ppi bsa bntu sya untuk daftarkan,,dan apa dokumen2 g hrus sya siapkn,,mnta tlng reply kk aku butuh bngat infox

    • Kamu bisa coba cek di Osmania University web osmania.ac.in atau coba di Delhi University di du.ac.in atau JNU di jnu.ac.in

  40. Dear Admin. Saya lagi ikut program fellowship di CMC vellore tamil nadu. Apakah ada saudara kita yg sedang belajar di vellore? Apakah adakah contact person saudara kita di vellore. Terima kasih

  41. Salam kenal PPI India. Informasi untuk jurusan Islamic studies, Islamic Education atau Education, di universitas mana saja yang menyediakan selain Aligarh?
    Bisakah S1 jurusan Aqidah melanjutkan S2 jurusan Education di Aligarh?

  42. kak mhn bantuin infonya, apakah Ada yang sedang study di Gujarat technical university ??
    saya mau Tanya tentang Master of Engineering jurusan IT , apakah dsana bagus ??

  43. Salam kenal PPI India , Mohon informasi tentang jurusan master of IT di gujarat Technical university
    Terimakasih

  44. Dear kakak2 PPI india.
    Saya amalia, alhamdulillah berkesempatan student exchange ke india. Tepatnya di bhubaneswar. Tetapi, karena suatu keadaan, saya sampai di india 8hari sblm Project dimulai, dan itupun saya turun di hyderabd karena pesawat jkt – bhubaneswar gaada. Mohon informasinya kak, selama 8 hari itu sebaiknya saya tinggal dimana atau mungkin ada rekomendasi hotel yg aman, karena saja membaca bbrapa artikel bahwa di india rawan, apalgi wanita. Trimksih

  45. Dear PPI India,
    Kami dari panitia Forum Studi dan Diskusi Ekonomi FEB UGM kami ingin menanyakan apa alamat email PPI India? Kami ingin meberikan informasi mengenai kompetisi esay internasional yang diadakan oleh kampus kami. Terimakasih

  46. Saudara2 setanah air kalau ada yg mampir di Vellore Tamil Nadu.. monggo bisa kontak saya di 9994462359. Saya sedang ikut program fellowship di CMC Vellore 6 bulan. Kalau ada kontak rekan pelajar yg di Cennai monggo diinfirmasikan ke saya barangkali saya mampir ke chennai. Terima kasih

  47. Dear PPI India,

    Perkenalkan, saya Gilang dari Kantor Berita CNN Indonesia.
    Kami saat ini sedang ingin membuat liputan mengenai Heatwave yang sedang terjadi di Pakistan dan ingin mewawancarai salah satu warga Indonesia di Pakistan.
    Kami ingin menanyakan kontak person PPI-Pakistan yang bisa dihubungi.

    Terima kasih atas perhatiannya, ditunggu kabar baiknya.

    Best regards

    Muhamad Gilang

  48. Saya mau tanya, apabila ada Mahasiswa yang ingin melanjutkan program S2 Ilmu Hukum apakah bisa? dan persyaratanya apa saja ? terima kasih

  49. Yvezz Ibrahimma Thobarony

    Dear PPI India,

    Saya Yvezz, lulusan S1 Teknik Mesin ITB, saya sangat tertarik untuk melanjutkan S2 di India di jurusan yang sama teknik Mesin juga dan ada beberapa kampus yang saya sudah mencoba-coba lihat seperti IITB Mumbai dan IITD Delhi. Ada beberapa pertanyaan yang saya ingin tanyakan disini.

    1. Untuk Beasiswa ICCR, seperti yang diketahui bnahwa beasiswa ini telah ditutup. Apakah pembukaan beasiswa ini hanya sekeali setahun?

    2. Disebutkan di brosur mengenai beasiswa ICCR ini, bahwa apakah benar ketika selesai menempuh pendidikan S2 di India harus kembali lagi ke Indonesia?

    3. Apakah diharuskan untuk diterima terlebih dahulu di Universitas yang dituju di India baru melamar ICCR ataukah sebaliknya dan ICCR yang akan mencarikan kampus yang pas untuk kita?

    4. Apakah ada beasiswa lain yang bias didapatkan untuk international student selain beasiswa ini?

    5. Untuk beberapa kampus Teknik India seperti IITB Mumbai dan IITD Delhi, saya menemukan sedikit kesulitan untuk menemukan deadline dari masing-masing kampus. Berapa kalikah dalam setahun kampus2 tersebut membuka penerimaan untuk program S2 internasional?

    Terima Kasih atas perhatiannya.

    Yvezz Ibrahimma Thobarony

    • Halo Yvezz…

      1. Iya hanya sekali setahun. Pembukaan biasanya di awal tahun pada bulan Januari.
      2. Secara ‘teori’ iya benar. Karena tujuannya untuk mempererat hubungan India-Indonesia. Yang diharapkan para penerima beasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya di Indonesia. Faktanya: banyak yang melanjutkan studi pada jenjang lebih lanjut di India dan negara lain melalui beasiswa lainnya.
      3. Tidak. ICCR akan membantu calon mahasiswa untuk mendapatkan kampus. Namun perlu diingat bahwa belum tentu kampus yang kita tuju menerima kita, sehingga pihak ICCR biasanya juga memasukkan aplikasi kita ke kampus lain yang sesuai dengan minat jurusan dan background kita.
      4. Anda bisa mencoba LPDP.
      5. Biasanya admission di India sekali setahun untuk program Master. Biasanya pembukaan dimulai bulan April – Juli. Bisa dicek langsung ke web kampus masing2.

      Good luck

  50. Merdeka!

    Salam teman2 semua, saya mau nanya ttg pembayaran kuliah di JNU. Alhamdulillah posisi skg sudah ada LoA nya, apakah mungkin untuk melakukan pembayaran dari bank di Indonesia? karena saya baca salah satu syarat visa adalah bukti bayar. Jika bayar dari bank yg ada di Indonesia tidak memungkinkan, apakah cukup hanya LoA dan bbrp dokumen pendukung minus bukti transfer, untuk mendapatkan visa study nya? terimakasih banyak.

    Salam,

    Didi

  51. Halo adik-adik pelajar yang ada di India!

    Apa ada yang bisa jadi tour guide untuk akhir tahun? Untuk tujuan wisata Delhi, Shimla, Kashmir. Saya dan keluaga rencana mau liburan akhir tahun di India. Butuh pemandu dan transportasi (mobil). Mohon informasinya dan terimakasih.

    Salam,
    Shinta – Jakarta.

    • Halo Mbak Shinta…
      Ada nomor yang bisa dihubungi atau Whatsapp?

      Terimakasih.

      • Dear Admin,

        Mohon maaf baru baca reply ini.
        Bisa hubungi wa saya di +6281334700113. Saya tunggu kabarnya, agak deg-degan karena sudah beli tiket tapi belum nemu pemandu :)

        Terimakasih dan salam,
        Shinta.

  52. Maaf mas/mba saya mau nanya di chandigarh ada ppi ga atau mahasiswa indonesia? saya dan teman2 saya dari binus kebetulan lagi study abroad/exchange di Chitkara University kami tinggal di chandigarh sampe 26 agustus dan kembali ke Indonesia. Karena saya ingin bertemu dengan orang orang indonesia yg berada disini kalopun gaada yg paling dekat dimana ya? saya juga punya rencana ke kbri new delhi saat kemerdekaan RI sama minta kontak whatsapp atau line dong min terimakasih :)

    • Halo Rey…

      Untuk kota Chandigarh sepertinya tidak ada mahasiswa Indonesia yang berada di sana. Namun ada satu mahasiswa Indonesia yang tinggal di kota yang dekat dari Chandigarh (sekitar 2 jam perjalanan). Kamu bisa tanya-tanya langsung ke Ali di FB:
      https://www.facebook.com/ahmad.a.abdilah?fref=ts

      Tolong di message dulu ya sebelum diadd.

      Good luck

  53. makasih min hehe oiya maksud saya sampe tanggal 26 desember bukan agustus hehe , dan untuk yg di delhi ada kontak yg bisa dihubungi ga min? boleh minta kontak wasapp? soalnya jumat saya berencana ke delhi dan tidak tau apa2 disana belum tau nginap dimananya rencananya dari chandigarh pake bus ada yg bisa nemenin di delhi ga min? dan kondisi jalanan dari chandigarh ke delhi kira kira aman ga? minta kontak watsapp atau nomer yg bisa dihubungi ya min mohon bimbingannyaa hehe maaf banyak nanya min hehe:)

  54. Selamat malam PPI India,
    Saya mahasiswa semester 5 UGM yang akan berada selama 2 minggu di India untuk mengikuti konferensi. Saya ingin bertanya, kakak-kakak di PPI India yang beragama Kristen khususnya yang menempuh studi di New Delhi biasanya beribadah hari minggu dimana? Apakah terdapat tempat yang mengadakan ibadah Indonesia? Terima kasih.

  55. Dear Admin,

    Adakah dari rekan-rekan mahasiswa di Delhi yang bisa menjadi pemandu wisata? Saya dan keluarga berniat liburan ke India bulan December (rencana Golden 3 Angle + Shimla). Kami butuh bantuan untuk jadi pemandu + land arrangement. Dengar-dengar India banyak penipuan, jadi kami lebih merasa aman jika ada tour guide yang berasal dari tanah air. Saya sudah googling ke mana-mana namun belum menemukan titik terang.

    Jika berminat bisa menghubungi saya di : safitrishintapribadi@yahoo.com. Kami akan membayar jasa dengan tarif yang menarik.

    Terimakasih sebelumnya dan salam,
    Shinta.

  56. Perkenalkan saya Wening. Saya sangat ingin melanjutkan studi s2 di India jurusan Kajian Budaya. Adakah mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan Kajian Budaya?

  57. Dear teman-teman PPI,
    Rekomendasi universitas terbaik untuk jurusan S1 HI di India?
    untuk beasiswa iccr prosedurnya apakah kita harus mendaftar di universitas dulu, atau hanya lewat embassy saja?

    thanks!:)

  58. Selamat Sore dari Indoensia,

    Selamat sore dari Indonesia,

    Halo salam kenal ,saya Esti Mulyawati, dari Gamabox TV , televisi streaming anak muda di Yogyakarta, yang di masa depan ingin menjadi bagian dari generasi muda Indonesia.

    Kami dari gamabox TV hendak mengajukan kerja sama dengan PPI Belanda, dengan siapakah saya dapat menghubungi mengenai pengajuan kerja sama?

    Atas tanggapannya , saya ucapkan terimakasih banyak.

    Salam rindu dari Indonesia.

  59. Salam
    Saya adalah seorang seniman, saya belajar dan mempelajari Hindusthani Classical Music. Saya mempelajari musik india sejak tahun 2008. Saya mempelajarinya secara tradisional dariguru ke guru.
    Saya tidak berafiliasi dengan satupun universitas di India. Karena kenyataannya, beasiswa musik tidak disediakan.

    Apakah saya bisa masuk.ke.forum ini?

    Salam

  60. Selamat Malam admin PPI India
    Perkenalkan saya Sarri dari AIESEC Indonesia.
    Kami, dari AIESEC, ingin mengajak kerjasama teman-teman PPI India, untuk itu saya bisa langsung hubungi siapa ya untuk pembahasan kerjasama ini lebih lanjutnya?Terima kasih

  61. Halo Admin PPIA India, saya mau nanya nih, saya udah cek websitenya Indian Embassy ttg beasiswa, tapi ternyata ga ada IITBHU, untuk apply jurusan Teknik Pertambangan. Jadi ngga bs dong apply ksana kalo pake beasiswa ini? Apa Mbak/Mas tau soal ini, maksudnya kenapa tdk ada kerjasama, reputasi universitas ini, dll. Dan apakah ada mhswa Indonesia yang belajar di sana. Ini masuk PPIA wilayah mana? Terima kasih sebelumnya.

    • Halo kak rika ,jika di list beasiswa ICCR tidak terdapat universitas yang kakak pilih berarti pemerintah india tidak dapat mengcover biaya studinya. klo sebabnya kita sendiri kurang tahu, tp coba aja di pilih karna di list kan terdapat tiga pilihan nah coba salah satunya tulis univ mbak itu siapa tau beruntung.

  62. Selamat malam admin PPI India

    Saya D’intan mahasiswa pasca sarjana UPI jurusan pendidikan geografi, ingin menanyakan perihal tentang kurikulum mata pelajaran geografi sekolah menengah pertama dan menengah,,
    karena saya mencari di internet tidak ada,

    untuk itu kami haturkan terima kasih,

    • hi kak intan :),
      utuk kurimkulum geografi SMA kita kurang paham soal itu .
      coba nanti akan kita tanyakan ke teman2 lainnya sapa tau ada yang mengerti
      mohon maaf sebelumnya

  63. Selamat Malam, Admin PPI India,

    Mau nanya, di PPI India ini ada kegiatan konferensi yg membuka pendaftaran bagi mahasiswa Indonesia tidak ?
    Terima Kasih

    • Selamat Malam Mutiara ,
      Untuk konferensi di india biasanya langsung diselenggarakan oleh universitas
      bisa langsung di cek di universitas masing – masing

  64. Dear PPI India

    Saya Beta Perkasa, jurnalis tv. saya tertarik untuk melanjutkan master di india. ada pertanyaan dari saya
    1. Apakah beasiswa ICCR memerlukan LOA ? atau langsung mendaftar ke Kedubes India ?
    2. Saya rencana mau ambil master di economics, economic development or development studies,
    Universitas mana yang bagus dalam studi2 tersebut ?
    Mohon infonya

    terima kasih

    • Selamat malam beta ,
      1.untuk beasiswa ICCR tidak perlu menggunaka LOA, langsung isi nama universitas yang dituju sesuai list yang di berikan
      2. Untuk jurusan Ekonomi terbaik saya rasa di IIM (India Institude of manajemen)

  65. Dear PPI India

    Saya rencana mau apply beasiswa ICCR.
    ada syarat certificate of physical fitness. nah, kalo di Indonesia dapatnya darimana ?
    Kalo dari rumah sakit , surat sehat hanya kertas kecil.
    Saya juga sdh tes HIV.
    Mohon info soal surat certificate of Pysical fitness

    Thanks

    • certificate of physical fitness itu sama dengan surat keterangan sehat mbak , tinggal bawa formnya minta tanda tangan dan stempel rumahsakit atau pukesmas terdekat

  66. Dear teman-teman ppi,
    Pengumuman seleksi berkas beasiswa ICCR akan di posting di web embassy atau hanya by email ya? sesuai time-table diumumkan hari ini :)

    thanks.

  67. Hani Siti Haviani Nur Asiah

    Selamat siang,
    Admin, saya salah satu pendaftar ICCR tahun ini. Menurut jadwal, tanggal 06 Januari 2016 kemarin adalah pengumuman siapa saja yang lolos untuk mengikuti tes di Embassy pada tanggal 11 Januari 2016 lusa, tapi sampai saat ini belum ada informasi apapun, saya sudah mencoba email dan telpon ke Embassy, tapi belum juga ada jawaban. Mohon bantuannya untuk informasi lebih lanjut, karena saya membutuhkan waktu 1 hari untuk tiba ke Jakarta, kalau mendadak pastinya tidak akan keburu. Terima kasih.

  68. Selamat pagi admin.
    Mau tanya, untuk S2 manajemen pendidikan / pendidikan untuk guru SD, kakak-kakak PPI merekomendasikan ke universitas mana ?
    Terima kasih :)

  69. Dear kakak-kakak PPI India
    Perkenalkan saya Zia umur 18 thn dari yogyakarta
    Saya akan memberi beberapa pertanyaan perihal kuliah sarjana di India karena saya sangat ingin sekali melanjutkan studi sarjana saya di India.
    Mohon dijawab kakak-kakak PPI India. Jawaban kakak-kakak sungguh membantu
    1. Saya lulusan pondok tepatnya Pondok Modern Darussalam Gontor, apakah ijazah saya diterima jika saya mendaftar?
    2. Kapan pendaftaran program sarjana di india dimulai? Dan berkas apa yang harus saya siapkan?
    3. Jika saya ingin kuliah di india dengan biaya sendiri, berapakah biaya hidup yang harus dikeluarkan dalam 1 bulan dan berapa uang kuliahnya?
    4. Saya mau tanya, apabila mahasiswa asing ingin kuliah di india apakah persainganya ketat sekali layaknya SBMPTN di Indonesia? Dan apakah banyak mahasiswa asing banyak sekali yang tidak lulus seleksi? (Tidak adakah ruang khusus?)
    5. Jikalau saya ingin mengambil prodi sarjana political science, berapa tahun saya harus menempuh studi di India?
    6. Apabila saya ingin kuliah di India melalui ICCR, apa saja test yang diberikan? Apakah seperti di SBMPTN?
    7. Bisa tolong diberikan data jumlah peminat dan jumlah kuota kursi ICCR tahun lalu? (Perbandinganya)

    • Selamat Malam zia,

      1. ijasahnya sebaiknya di tanyakan dulu di Emmbasy India di Indonesia tepatnya dibagian Education Wing
      2. Pendaftaran Sarjana dimulai mulai bulan januari sampai dengan Maret tergantung universitynya silahkan di cek dihalaman universitas masing – masing
      3. Untuk biaya sekolahnya bisa diakses di halaman universitas yang akan dituju karna masing2 universitas berbeda, untuk biaya hidup cukup 1- 2juta rupia
      4. Biasanya untuk mahasiswa asing ada kuota tersendiri ter gantung universitasnya
      5. Political science di tempuh 3 tahun saja
      6. hanya test proficiency english dan interview
      7. untuk kuota kami kurangmengerti

      terimkasih semoga bisa membantu

  70. [TANYA]Admin, bagaimana cara mendapatkan LoA IITD atau IITR. Saya mau belajar s2 di IIT India :) Terima kasih sebelumnya.

  71. Selamat siang admin, mohon informasinya untuk beasiswa full / full scholarship program dari pemerintah India untuk semua kalangan. terima kasih

  72. Assalamualaikum min, mau tanya di tahun 2016 ini PPI India ada acara apa ya? Misal ada student conference yg bisa kita ikutin sbg mahasiswa di Indo, sehingga nantinya kita bisa saling bersilaturahmi,
    Terus saya jg mau tanya, saya lulus D3 Teknik Sipil tahun ini, apakah bisa melanjutkan S1 di India, dan dimana ya kak? Terus butuh waktu berapa lama?

  73. ass.wr.wb salam kenal buat teman yang berada di india,senang bila bisa berjumpa sewktu2 di india memiliki teman satu negara di negeri orang,mau tanya ada ga diantara teman2 dari indonesia yang sekarang kuliah di Sharda University? kalo ada bantu infonya dong biar bisa kenal bisa inbox di fb or email saya rendychester7@gmail.com,mungkin nanti saya mau jalan2 ke india bisa bertemu teman2 disana sekalian mau lihat kampus di india. thanks

  74. Hai min….. mau tanya kalo di universitas india itu kehidupan sosialnya pake bahasa hindi ya
    Trus kan aku masih sma kelas 1 kalo pingin s1 nya jurusan management dan bisnis ada gk??
    Sama aku kan berhijab, disana dilarang gk ??? Atau dibatasin
    Makasih

    • hai kak istana, kehidupan sosialnya biasanya pakai bahasa daerah masihng2 misal di gujarat pakai gujarati etc
      S1 jurusan bisnis ada silahkan si browse nama universitasnya di google
      berhijap tidak dilarang kak.

  75. Asslmkm.. Perkenalkan saya Alfan. Bulan Mei 2016 besok saya berencana ke India utk survey studi ke Alighar University selama 3 hari. Adakah kawan2 PPI India yang bersedia menjadi guide? InsyaAllah ada tambahan utk uang jajan.. :)

  76. Dear PPI India,

    Mohon konfirmasi bila saat ini tercatat sebagai Mahasiswa S1 Hubungan Internasional (HI) semester 3 di salah satu universitas swasta di Jogja di Indonesia, trus untuk semester selanjutnya ingin melanjutkan di universitas di India, apakah ada universitas di india yang mau menerima program perpindahan mahasiswa dari luar negeri . mohon penjelasan lebih lanjut , terima kasih

    • Namaste !
      sepertinya untuk transfer tidak memungkinkan kak yudarsan karena univ yang ada di india tidak mau menerima
      bisanya kuliah lagi dari awal

  77. Assalamualaikum…. apakah ada info beasiswa untuk fellowship kurang lebih 1 bulan? saya tertarik untuk fellowship di world laparoscopy hospital di gurgaon..tapi programnya cuma 1 bulan tapi biayanya mahal… terima kasih atas infonya

  78. Dear PPI India,

    Mohon dibantu informasi besarnya biaya kuliah Post Graduate, MBA per semester atau per tahun, rata-ratanya menghabiskan berapa ? terima kasih.

  79. Permisi, saya mahasiswa sastra inggris tahun akhir, rencanannya ingin meneruskan ke Magister Bahasa Inggris di India. Dengan self finance. Saya tertarik dengan Jamia Milia Delhi, Saya baca website itu pertahun USD$500 , apakah sudah termasuk semua ( seperti hostel, dll)? Kira-kira berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk Magister Sastra Inggris. Thank you

  80. mau nanya soal info kursus laparoskopi/endoskopi di India dong. ada info gak? atau kursus kursus untuk kedokteran lain.

    • Kursus kedokteran ada. Pernah berapa dokter mata Indonesia kursus operasi retina di Hyderabad. Ada juga dokter jantung Indonesia kursus bedah jantung teknik apa gitu di Delhi. Nah itu bisa di Google ya karna banyak yg menyediakan. Coba di NIMS

  81. Mbak / mas saya mau ambil jurusan ekonomi manajemen yg bagus di mana ya, kalau univ yg di Bangalore ada g yg nyediain prodi ekonomi manajemen, btw saya mau ambil s2 nya… terima kasih sebelumnya

  82. Nurul Afifah Hasibuan

    hallo PPI India

    saya freshgraduate dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. saya berencana ingin mengambil S2 ke India. saya tertarik dengan kampus jamia milia delhi. saya jurusan pendidikan matematika. yang ingin saya tanyakan, apakah di JMI ada jurusan yang saya butuhkan?

  83. min, mau nanya, aku lulusan DIV teknik informatika, kira2 diterima gk kalo mau lanjut s2 ke india? trus kuliahnya di sana pake bahasa india atau inggris yak??? makasih min :)

    • Namate !
      Untuk melanjutkan S2 di Universitas di India syaratnya harus Lulusan S1 semua jurusan,
      kuliah disini mengguakan bahasa Inggris

      Terimakasih

  84. Assalamualaikum mbak/mas, saya pengen banget dapat beasiswa iscc s2 ke india untuk master of education. Tapi saya minder karena saya tidak punya prestasi akademik/non, pengalaman organisasi juga hanya lingkungan kampus. Kira-kira ada gak ya penerima beasiswa sebelumnya yang biasa-biasa kayak saya? Mungkin bisa dibagi juga apa yang paling berpengaruh dalam seleksi beasiswa iscc. Terima kasih

    • Namaste Ulva!

      Sepengetahuan admin sponsor beasiswa tidak hanya melihat latar belakang akademik kamu dalam proses applikasi. Tapi ada baiknya bagi kamu untuk meningkatkan kegiatan ekstra d luar kampus dengan cara melibatkan diri volunteering maupun internship. Dan jangan lupa untuk berani menggapai mimpimu ya. Persiapakn aplikasimu untuk tahun depan. Kami tunggu kedatanganmu di tanah Gandhi.

      Salam!

  85. Anisa Senja Ramadhania

    Kak saya lulusan manajemen mau lanjut s2 di india jurusan psikologi bisa gak ya?

    • Hi Anisa,
      Boleh ajha menurut kami.
      Tapi, kami menyarankan agar kamu melakukan perhitungan yang matang sebelum mengambil jurusan yang berbeda untuk jenjang S2 kamu. Mengingat kamu diharapkan untuk bisa memahami pengetahuan dasar dari jurusan yang kamu pilih nanti.

      Salam dari tanah Gandhi!

  86. selamat sore…
    mas/mba saya mau tanya, rencananya saya mau mencoba mendaftar pascasarjana di JMI Newdelhi di bidang studi islam,
    kira-kira persyaratannya apa saja?
    dan apakah ada jalur beasiswa?
    mohon infonya…
    trimakasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*