Holi: Festival Pembawa Warna di India

holiparty

Siapa yang tidak suka bermain dengan warna? Siapa yang tidak pernah dengar tentang festival warna atau lebih dikenal dengan nama ‘Holi’? Baru-baru ini perayaan Holi dirayakan di seluruh India. Holi biasanya jatuh pada akhir Februari atau pertengahan Maret. Datangnya bulan purnama pertama di bulan Maret adalah pertanda bagi perayaan Holi. Tahun Ini perayaan holi jatuh pada awal Maret tepatnya tanggal 2 Maret. Holi dirayakan sebagai pertanda berakhirnya musim dingin dan berawalnya musim semi.

Holi adalah salah satu perayaan religius Hindu namun di India, perayaan ini dirayakan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Perayaan ini mempunyai banyak makna dan pesan di dalamnya. Tidak hanya merayakan kedatangan musim semi tapi juga merayakan kemenangan dari kebaikan atas kejahatan. Kisah Dewa Wishnu yang membakar Iblis bernama ‘Holika’. Perayaan berlangsung selama dua hari. Dimulai dari tanggal 1 Maret malam hari. Pada malam yang disebut ‘Holika Dahan’, orang-orang merayakannya dengan api unggun dan puji-pujian pada Dewa Wishnu. Keesokan harinya dilanjutkan dengan perayaan ‘Chhoti Holi’ yang identik dengan serbuk warna.

Saat Holi tiba, orang-orang berkumpul bersama untuk menaburkan serbuk warna-warni, mengoleskan serbuk ini ke wajah setiap orang sambil mengucapkan selamat holi. Serbuk warna-warni ini dikenal sebagai ‘Gulal’. Gulal terbuat dari bubuk kunyit, pasta warna dan ekstak wangi bunga. Warna- warna yang dominan di perayaan ini adalah merah, biru, kuning dan hijau. Setiap warna mempunyai maknanya masing-masing. Merah melambangkan cinta dan kesuburan. Hijau melambangkan musim semi dan awal yang baru. Kuning adalah warna asli dari bahan utama yaitu kunyit. Biru adalah warna dari Krishna.

WhatsApp Image 2018-03-12 at 1.20.37 PMThe English and Foreign Languages University, Hyderabad pun ikut merayakan Holi dengan meriah tahun ini. Saya sebagai salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang mengenyam pendidikan di kampus bahasa terbesar di India ini pun boleh berkesempatan berpartisipasi dalam perayaan ini. Perayaan ini berlangsung dari pagi sampai siang hari.

Holi dimulai dengan saling mengoleskan bubuk warna ke wajah teman, sahabat ataupun guru sambil mengucapkan, ‘Happy Holi’. Setelah itu musik pun diputar dan semua orang yang berkumpul menari bersama ala Bollywood. Semprotan air pun ikut meramaikan suasana. Air disemprotkan untuk membuat warna tetap bertahan di baju ataupun kulit kami. Tak lupa minuman pun disajikan di perayaan ini untuk menghalau kehausan. Minuman khas Holi yang disajikan bernama ‘Thandai’, minuman dingin khas India yang terbuat dari susu, buah-buahan yang dikeringkan, badam, kapulaga dan safron. Minuman dengan rasa yang sangat khas, manis dan bergizi.

Warna, musik, tarian dan minuman segar sukses menyatukan semua orang di dalam perayaan Holi. Kebersamaan adalah satu lagi makna penting dari Holi. Semua orang dari berbagai kelas sosial, agama, dan  kasta yang berbeda berkumpul menjadi satu-dan bersenang-senang. Bahkan mahasiswa asing dari berbagai negara seperti Afganistan, Turki, Nigeria, Mali, Bhutan, Indonesia, Vietnam, Uzbekistan, dan masih banyak lagi ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Holi adalah perayaan yang patut diapresiasi karena mengajarkan tentang keberagaman, kebersamaan. Merayakan tentang dimulainya awal yang baru dengan memberi berbagai warnaa dalam hidup orang lain. Tidak ketinggalan juga,ini adalah perayaan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Penulis: Fransiska Anggun

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*