Belajar di India

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh teman-teman saat memutuskan untuk melanjutkan studi pada pendidikan tinggi di India. Kalian perlu untuk belajar adaptasi dengan baik, khususnya dalam hal makanan, tempat tinggal, lingkungan dan sistem pembelajaran di India yang cukup berbeda dengan apa yang ada di Indonesia.

48 comments

  1. alifuddin muhammad ashari

    Saya ingin kuliah di india bagaimana cara nya dan bagaimana bisakah mendapatkan beasiswa mohon….bantuanya

  2. alifuddin muhammad ashari

    Saya mau mengambil jurusan hukum , S 1 …. juga persyaratan dan persiapana apa saja

  3. alifuddin muhammad ashari

    Setelah itu saya baca di http://www.embrassyindiajakarta.com masih belum jelas .

  4. Assalamu’alaikum

    Mohon bantuannya ya,
    Saya pelajar SMK, dan insyaallah baru akan lulus tahun depan.
    Dan saya ingin langsung melanjutkan study saya ke jenjang yang lebih tinggi.
    Saya ingin kuliah di INDIA, biasanya dalam test-test yang akan dilakukan,
    yang saya tahu berawal dari test dokumen ya???
    Nah, dalam dokumen tersebut tentang apa saja yang harus kita isi?

    Mohon bantuannya ya.

  5. hi kak. mau tanya banyak hal nih. masih punya banyak kebingungan yang harus dijelaskan. kan tahun depan saya lulus dan baru dibagi ijazah mungkin bulan mei, sedangkan untuk syarat harus kirim ijazah. padahal ijazah masih lama dibagi nya… terus itu gimana kak? reply ya kak trims

    • Bisa minta provisional letter dr sekolah, yg menerangkan saudara/i akan lulus pd tahun ini dan memastikan ijazah dan transkrip akan ada saat registrasi di India saat diterima beasiswa.

  6. kak kalo test toefl skornya cuma 550 kira kira lolos seleksi dokumen ga ya???

  7. Assalamualaikum
    Saya mau ngambil kedokteran di aligarh,tapi gak tau jadwal pendaftarannya kapan dan biaya kuliahnya,bisa bantu saya tahu jadwalnya untuk tahun ajaran 2015/2016 dan biaya kuliah kedokteran di aligarh
    ,terimakasih

  8. Terima kasih kak :)

    saya mau tanya lagi , hehe 😀
    dalam beasiswa ini, peminat paling sedikit itu jurusan apa ya kak?

  9. salah satu syarat yg tertera di Point iii:
    iii. Certified copy of the syllabi, curricula, etc. of courses covered in schools, colleges, universities attended (except the Senior Cambridge, High Cambridge and London General Certificate of Education examination) with full details. Note: If this information is not supplied, your application will not be considered, as this information is required in order to establish equivalency with Indian academic standards.

    kakak, sy ingin bertanya, saya lulusan S1 ijasah saya sudah ada translate bahasa inggrisnya. Kalau melihat kalimat di atas berarti ICCR Meminta 2 pendidikan terakhir. berarti apa saya perlu mencatumkan ijasah SMA Saya? namun Ijasah SMA saya belum di translate, mohon bantuannya sekali bagaimana dengan resmi mendapatkan translate-an ijasah SMA ini?
    Please kindly reply.

  10. NURTRIA RENDI RAHMADI

    Assalaamu’alaikum,

    Perkenalkan nama saya RENDI dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Alhamdulillaah saya diterima di Master’s Degree in Human Resource Development & Planning di Institute of Applied Manpower Research (IAMR) Narela, Delhi tahun ini (2015-2016). Sekarang masih menunggu persetujuan Beasiswa ITEC dari Kemlu India. Nah, berhubung saya belum pernah ke India, saya ingin betanya seluk-beluk Kampus IAMR & kehidupan sehari-hari disana sebab saya akan menempati hostel disana. Apakah ada diantara rekan-rekan PPI India yang sekarang berkuliah di IAMR atau alumni yang bisa saya kontak untuk bertanya sikon kampus IAMR? Mohon bantuan dari rekan-rekan PPI India

    Sekian, atas perhatian rekan-rekan PPI India, saya ucapkan terima kasih.

  11. assalamu alaikum
    insyaallah taun ajaran ini saya akan belajar di india, mau nanya masalah apa2 saja yang dibutuhkan buat proses imigrasi

  12. Merdeka!

    Nama sy Didi, sy berkeinginan untuk melanjutkan S2 filsafat di New Delhi University tahun ini. Adakah teman-teman yang bisa membantu saya dalam prosedur pendaftaran? jika ada mohon sekali untuk mau membantu dan mohon kontaknya, atau bisa kirim via email kontaknya jika bersedia. semua persyaratan sudah siap, saya hanya rancu terhadap beberapa hal, tapi janji tidak akan sangat merepotkan. Tentu saja saya akan membayar biaya jasa sebagaimana kiranya. Terimakasih banyak atas perhatian dan bantuannya.
    Salam,
    Didi

  13. Terimakasih banyak, 1 pertanyaan singkat, tentang bukti bahasa Inggris, apakah sertifikat TOEFL, IELTS dsb harus dikeluarkan dari lembaga tertentu, ataukah boleh dari semua lembaga sertifikatnya? terimakasih banyak

    • Hi Mas Didi… Setahu saya boleh lembaga mana saja yang penting resmi. Tidak ada kecenderungan untuk lembaga tertentu. Good luck!

      • Vielen Dank im Voraus!

        lagi mas nanya njeh, untuk S2, apakah hanya transkip dan ijazah yang diperlukan? apakah butuh legalisasi dari depkumham deplu sampai kedubes India, ataukah hanya cukup legalisasi dari kampus dan diterjemahkan ke bahasa Inggris? dan butuhkah sworn translator untuk menerjemahkan? mohon bersedia untuk memberi sedikit alur tetang dokumen mas. Terimakasih banyak dan mohon maaf telah merepotkan.
        Sehat selalu dan Salam,
        Didi

        • Hi Didi…
          Ijazah dan Transkrip nilai wajib. Semua dokumen wajib diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dilegalisir oleh kampus. Sworn translator boleh gak boleh asal dilegalisir oleh kampus mas. Kemudia semua dokumen asli harus dibawa karena nanti dicek keaslian dokumen dan dengan copy terjemahannya. Begitu. Seoga membantu.

  14. saya winda, sudah menempuh kuliah s1 jurusan sastra, apa bisa saya mengajukan beasiswa jurusan sastra juga di India? terimakasih

    • Hi Winda….
      Bisa banget. Banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah di jurusan sastra kok.
      Kamu pantengin aja beasiswa ICCR for Indonesian aja. Kebetulan sudah lewat seleksi tahun ini.
      Semangat selalu

  15. halo kak, nama saya rere saya lulusan sma tahun 2014. apakah saya bisa mendaftar untuk beasiswa ICCR ini untuk tahun ajaran 2016/2017? terimakasih.

  16. Wahyu Putri Vembriana D

    Hai, assalamualaikum.

    Perkenalkan saya putri, saya lulusan S1 Pendidikan Jasmai, berkeinginan melanjutkan S2 di sana. Bisakah teman-teman memberi masukan universitas mana yang menjadi referensi? Pasti akan sangat membantu. Terimakasih.

    • Walaikumsalam.

      Putri memangnya mau ngambil jurusan apa? jadi bisa kami beri gambaran.

      • Wahyu Putri Vembriana D

        Yang berhubungan dengan olahraga. Saya sudah menemukan beberapa di internet tapi tidak mengetahui betul bagai mana keadaannya. Salah satunya Punjabi University. Adakah pandangan lain dari kawan-kawan disana? Terimakasih.

  17. Damalina arfani

    Hai Kak

    Aku lulusnya kan tahun depan terus ulang tahun ku bulan Agustus dan syarat beasiswanya harus 18 tahun sedangkan tes Nya sekitar awal tahun, mereka mau menerima atau tidak ya? Terimakasih

  18. Halo….!! PPI India.
    Perkenalkan nama saya Sohibun, saya mahasiswa S1 tingkat akhir prodi pendidikan matematika di salah satu PTS di Batam-Kepulauan Riau. Saya ingin sekali melanjutkan S2. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Adakah mahasiswa/i dari Indonesia yang kuliah di India (jenjang S2 atau S3) dengan jurusan matematika/pendidikan matematika ?. Kalau ada, kebanyakan dari mereka kuliah di mana ?
    2. Apakah bisa jika seseorang yang mendapatkan beasiswa untuk kuliah di India pada jenjang S2, setelah lulus orang tersebut melanjutkan studi hingga ke janjang S3 dengan beasiswa yang sama tanpa kembali terlebih dahulu ke Indonesia ?
    Demikian pertanyaan saya, mohon arahannya. Terimakasih.

  19. Ka mau tanya, emng orng asing mash tidak boleh ambil pendidikan dokter di India?

  20. permisi kak, saya mau minta kontak dari PPI India untuk sharing atau bertanya beberapa hal, atau grup dari PPI Indi, boleh?

  21. hai salam kenal.
    saya sangat tertarik dan ingin sekali kuliah S2 di India jurusan Cultural Studies. Setelah melihat beberapa informasi sepertinya English and Foreign Languages University merupakan kampus yang pas. Apakah ada kakak-kakak yg kuliah di sana ya? Selain kampus tersebut kampius mana yang menyediakan jurusan Cultural Studies? terima kasih, mohon infonya.

  22. Kak, saya mencari beasiswa untuk kuliah di India. Saya lulus sma tahun 2016. Website apa yang harus saya kunjungi, juga kapan dimulainya pendaftaran untuk beasiswanya? Terimakasih. Mohon bantuannya

    • hai pupu !
      mengenai beasiswa bisa dilihat di website ini :
      indianembassyjakarta.com/index.php/2013-05-20-10-04-25/education2/scholarship/general-scholarship-scheme

  23. salam kenal smoga sehat slalu n sukses…mas sy mw kuliah s2 di india jurusan Tafsir quran atau syariah islam,,,di kampus mana bagusnya??mohon bantuan nya, brp biayanya? saya sangat sekali butuh bantuan ne…tks banyk mohon blsny

  24. Salam kenal
    Saya skrg masih kuliah jurusan pendidikan kimia. Saya berencana melanjutkan s2 Pendidikan di india. Kira kira univ mana yang membuka jurusan pendidikan dan paling berpeluang mendapat beasiswa? Terus kalo apply beasiswa, jenis toefl yang bisa diterima apa saja? Mohon infonya. Terima kasih

    • Hallo Diki,
      Dalam proses penerimaan beasiswa ICCR kita diberikan kebebasan untuk memilih tiga universitas pilihan sesuai dengan data universitas yang diberikan oleh ICCR setiap tahunnya. Dan untuk peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa tergantung dari appliakasi serta performance kamu pada saat tes nanti. Untuk TOEFL, kamu bisa menggunakan ITP dengan minimal score 500, tapi diperbolehkan juga untuk apply dengan IBT or IELTS. Persiapkan dirimu dari sekarang dengan melakukan research terhadap universitas tujuan yang sesuai dengan jurusan kamu.

      Salam dari tanah Gandhi.

  25. Assalamulikum……. :) mohon info dari Aligarh Muslim University.! seperti apa & bagaimana persyartannya? karena saya udah mendapatkan relasi untuk kuliah disana….! thank’s very much :) wassalamuaikum.

    • Hallo Huriyah,

      Kami sarankan agar anda dapat menhubungi pihak kampus mengenai admission di Aligarh Muslim University.

      Salam dari tanah Gandhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*