Beasiswa ICCR 2014-2015 Telah Dibuka

Perhatian Umum!Pertanyaan yang:1. Sudah pernah dan berulang2 ditanyakan sebelumnya di sini, 
2. Sudah tertera dengan dejelas di artikel/dokumen ICCR yang telah disediakanTIDAK AKAN DIJAWAB!Jadi pastikan anda, yang benar2 berminat, dan ingin benar2 berjuang, mengikuti jejak kami, membaca semua informasi yang sudah diberikan serta pertanyaan2 sebelumnya yang sudah ditanyakan, sebelum mengajukan pertanyaan baru.
Anda bisa mengikuti ini dengan mengeklik follow, atau log in menjadi subscriber website ini, sehingga terus mendapat update info2 terbaru kami di email anda.

ayoo… jangan malas-malas baca yah..
kalo kata kakak kakak SLANK

“Di sini bukan anak-anak malas
Tempatnya para pekerja keras
Di sini bukan anak-anak manja
Sedikit kerja … banyak mintanya”

Harap diperhatikan!
Sekian dan terimakasih

 

 

 

Beasiswa ICCR 2014-2015 udah dibuka cuy!!!! Yuk.. buruan daftar!!!!!!!!

Application form, guide book dan lain-lain bisa didownload di sini

Teman-teman sebangsa dan setanah air, yang pada pegen kuliah S1, S2, S3, di Tanah Gandhi

Yang ingin melihat 1001 warna. Yang ingin join tangis gelak tawa pasukan Indonesia di India. 

Yang pengen berhenti jadi “Anak Cengeng”. Yang ingin menatap dan melawan dunia berkompetisi dengan tidak hanya 1,2 Miliar penduduk India, tapi juga dengan masyarakat Internasional lain, seperti teman-teman Rusia, China, Afganistan, Iran, Guyana, Panama, Meksiko, Brazil, Jepang, Afrika, Thailand, Vietnam dan masih banyak lagi.

Yang ingin mencicipi dahsyatnya kehidupan India, yang ingin menonton film India secara langsung dari sisi belakang kamera.

Datanglah kenegara yang sedang susah payah memberantas kemiskinan, berjibaku menyediakan air bersih namun secara bersamaan membangun metro/monorel/kereta bawah tanah, bahkan sudah hampir menyentuh Mars sekaligus.

Salah satu negara yang memiliki rel kereta Api di atas laut yang mampu membuka di saat kapal lewat,

dan tentunya… di sisi lain………
membuat kita sadar dan bersyukur bahwa kita adalah orang Indonesia

Ada cara gratis untuk bisa duduk di bangku perkuliahan India, yaitu melaui Beasiswa ICCR tahun 2014-2015 yang telah dibuka melalui Kedutaan Besar India di Jakarta (link langsung klik di sini)

Informasi umum telah tersedia di webstite tersebut

PPI India hanya akan memberikan informasi tambahan yaitu:

  • Setiap tahunnya ada sekitar 20 orang setiap tahunnya yang berhak mendapatkan beasiswa ini, yang porsinya akan ditentukan penyelenggara, namun umumnya, dari pengalaman tahun ke tahun, porsi terbesar akan diberikan pada program S2, kemudian program S3 dan S1.
  • Tahun ajaran di India berbeda-beda, namun kebanyakan dimulai pada bulan Juli, Agustus, atau September
  • Beasiswa ICCR umumnya mengover biaya hidup sekitar 200 USD perbulan (berbeda disetiap kota), menggratiskan biaya kuliah, memberi uang buku 100USD setiap tahunnya, dan yang sering ditunggu-tunggu adalah jalan-jalan cultural istimewa gratis di India.
  • ICCR akan menagih uang yang sudah diberi untuk dikembalikan apabila ditengah studi penerima beasiswa mengundurkan diri dan tidak menuntaskan program studi. Biaya yang dikembalikan terhitung sejak diberinya Student Visa Gratis dari KB India.
  • ICCR tidak memberikan beasiswa program Kedokteran.
  • Universitas yang diberikan ICCR bukan sembarangan universtas, namun sebaliknya, universitas yang diberikan ICCR merupakan salah satu universitas favorit di India, yang juga memiliki banyak mahasiswa internasionalnya dari berbagai macam negara di dunia.
  • Seleksi beasiswa ICCR merupakan seleksi bertahap, mulai dari seleksi doukumen, seleksi tulis dan wawancara. Sarat standar seperti medical check up, dan TOEFL harus disertakan dengan sarat minimal yang tertera di FORM. Pola sekelsi tulis umumnya tes pengetahuan umum, tes bahasa inggris, mengarang essay. sedangkan wawancara polanya akan berbeda sesuai pengalaman dan backround pendaftar.
  • Lulusan India akan dikonversikan nilai transkripnya oleh Atase Pendidikan di KBRI New Delhi yang kemudian  Ijazahnya akan disetarakan oleh Dikti
  • Setiap tahunnya ada ajang bergengsi kolosal skala Internasional, yang disebut Internasional Student day, dimana setiap mahasiswa dari berbagai negara seperti dari Kamboja, Vietnam, Rusia, Meksiko, Kolombia, Armenia, Uzbekistan, Kazahkstan, Afganistan, Iran, Jerman, Indonesia, China, Thailand, Kenya, Ethopia, Sudan dan lain-lain akan mengadu kehebohan negaranya masing-masing dibidang seni dan budaya.

Demikian beberapa poin yang bisa kami sampaikan dari PPI India. Semoga bermanfaat dan dapat membantu. apabila ada pertanyaan, bisa langsung menghubungi HUMAS di contact me.

Pertanyaan akan kami tampung dan akan dijawab melalui post berikutnya, agar semua orang tahu dan tidak mengulang-ulang

 

Jangan khawatir hidup di India, kabar terbarunya beberapa Mie Instan Indonesia sudah mulai membanjiri wallmart-wallmart di India.

Salam

198 comments

  1. Infonya sangat menarik. Tapi apa ada info spesifik lanjutan mengenai universitas yg ditawarkan, program studinya untuk S1, S2, dan S3 nya. Saya lihat formnya, yg berat adalah tes kesehatan. Apa semua persyaratan tes kesehatan itu harus diikuti?

    • semua tes kesehatan harus, itu yang mutlak, dan memang semua prosedur beasiswa luar negeri kesehatan yang paling mutlak tidak hanya beasiswa. daftar universitas ada di brosur silahkan dicek
      tipsnya cek di daftar ranking university yg tersedia di internet seperti 4icu, atau qsworld, meski web itu tidak seakurat yang sbenarnya
      sarannya, pune university, delhi unversity, JNU delhi, Osmania Unversity, IIT Rookee, NIT Warangal, Anna university Chennai, Bangalore University, Mysore University dan Jamia Milia Islamia, Aligarh university, Agra University. kemudian cek apakah tersedia atau tidak oleh iccr, di brosur.
      kemudian masuk website resmi masing2, kemudian cek prodi yang di sediakan

  2. Alhamdulillah dapet informasi yg bermanfaat.. Mohon informasinya untuk kuliah S3 psikologi.

    • coba cek di delhi unversity, JNU delhi, dan Hyderabad Central University
      teman2 rujukannya yang S3 ke univ3 itu.
      masuk web resmi uni masing2 cek ketersediaan course

      best of luck,
      Kami tunggu di India

  3. hai kak, nice story ya di india kliatanyya…
    saya berminat nih untuk program S1nya..
    mungkin kakak2 admin ada tips kah buat kita ikutin beasiswa ini :)
    dan mungkin ada CP dari kakak2 PPI dsna yg bisa kita sharing info ttg dsna…
    thank you

    • langkah2 sukses dapet beasiswa S1
      1. rajin baca, rajin analisis yang dibaca, berlatih sabar membaca informasi/brosur yang diberikan. karena pasti banyak yg harus diselesaikan. dan seleksi beasiswa sudah dimulai sejak membaca informasi dan petunjuk. kalo di tahap ini saja nggak bisa, susah untuk menjamin daya tahan/ survival di negara tujuan.
      2. di informasi yang tersedia, siapakan apapun yg diminta, jika ada kerancuan, list satu persatu, list yang sudah terpenuhi, list yang belum, list yang rancu, list yang harus ditanyakan,, cari di info tersedia berikutnya seperti FAQ dst. jika udah mentok coba hubungi kedutaan india di jkt dan minta di sambungkan dengan education wings. tanyakan hal yang sangat detil dan spesifik, jangan tanya hal umum jika tidak ingin kena semprot!
      3. berusaha sekeras mungkin, kalo suatu saat anda (semoga, semoga, semoga tidak, aamiin) gagal, anda berfikir apa yang salah? padahal sudah berusaha keras, percayalah bahwa orang2 diluar sana berusaha “lebih” kras dari anda.
      4. berdoa.

      semoga membantu dan menjawab
      cheers
      best of luck,
      Kami tunggu di India

  4. Mau tanya ni,
    Sekarang saya sedang skripsi, kira2 lulus bulan Oktober 2014, kalo mau ikut beasiswa itu ikut tahun 2014 apa tahun depannya lagi ya? Kemudian, saya kan tinggal di Semarang, apa bisa formulirnya diminta lewat pos? Apa harus ke Jakarta untuk mengambil formulir itu? Satu lagi, apa bila ijazahnya tidak ada translate Inggris gimana ya?? Terima kasih sebelumnya.

    • -sayang sekali anda harus mengikuti tahun berikutnya ie tahun 2015-2016 karena pada saat itu semua uni di india sudah baru saja memulai tahun ajaran baru. dan hal ini sudah pasti, anda harus tunggu beasiswa dibuka sekitar bulan dasember tahun 2014
      -formulir sudah tertera di atas, tinggal download, tidak usah ribet2. semua persaratan dan brosur juga tinggal download. tinggal klik. itu tulisaannya diatas juga sudah dikasih warna lain kok. kadi kan jelas sekali. hanya tinggal baca
      ketika smua sudah didownload dibaca. siapakan apapun yg diminta, jika ada kerancuan, list satu persatu, list yang sudah terpenuhi, list yang belum, list yang rancu, list yang harus ditanyakan,, cari di info tersedia berikutnya seperti FAQ dst. jika udah mentok coba hubungi kedutaan india di jkt dan minta di sambungkan dengan education wings. tanyakan hal yang sangat detil dan spesifik, jangan tanya hal umum jika tidak ingin kena semprot.
      -ijazah harus ditraslate ke inggris, banyak di indo, perlembar 30-50rb. tp yg 30rb banyak, banyak dari kami dulu yg pake itu.
      bahkan di FIB kampus2 PTN seperti UGM, Unair, UI, Undip, Unpad, dll banyak yang menyediakan jasa gratis utk mahasiswanya dan jasa murah utk orang luar.

      semoga membantu dan menjawab
      cheers
      best of luck,
      Kami tunggu di India

  5. Wahh, saya sangat tertarik nih beasiswanya. Tapi ada beberapa yang yang perlu saya tanyakan terkait persyaratannya:
    1. “Certificate in English-language course/TOEFL score minimum 500” apakah bisa pakai TOEFL ITP?
    2. “Certified/sworn copies of all documents with English translations” maksudnya semua sertifikasi yang kita miliki harus di translate ke english? apa termasuk juga ijasah dan transkip nilai?

    Mungkin abang-kakak yang sudah mencoba beasiswa ICCR bisa sharing. :)
    Terima kasih.

    • 1. pengalaman mengatakan bisa
      2. betul, semua. kalo ada yg nggak di translate ya nggak ke itung poin, karena mereka nggak akan paham. sebaiknya yang penting2 diutamakan, seperti ijazah dan transkrip. kemudian prioritas sertifikat. yang jelas ijazah dan transkrip non-english WAJIB translate

      • lalu gmana dg sertifikat kejuaraan kak? kn ad tandatangan panitia n sebgaixa. n seleksi awal it dokumen bisa dkirim k kdutaan terdkatkah? seperti di surbya msalx thanks

        • Khairunnisa Nasution

          Kantor Kedutaan India di Indonesia ada tiga, di Jakarta, Surabaya dan Medan. Kalau untuk yang di Surabaya saya kurang tahu. Tapi kalo yang di Medan, bisa dan memang disarankan untuk mengirim langsung ke kantor yang di Medan saja. kalau memang kantornya dekat, datangi dan tanya langsung saja. Atau bisa ditanyakan lewat websitenya.

          Semoga membantu dan menjawab.
          Best of luck..!

        • Khairunnisa Nasution

          Kan modelnya sama saja seperti Ijazah dan Transkrip, biasanya bagian tanda tangan akan dikosongkan. dan cuma tertulis Sign By.
          Biar gampang, serahkan saja pada penerjemahnya. Mereka tahu apa yang harus dilakukan.
          =D

  6. Boleh tanya ga… “Certified copy of the syllabi, curricula, etc. of courses covered in schools, colleges, universities attended (except the Senior Cambridge, High Cambridge and London General Certificate of Education examination) with full details. Note: If this information is not supplied, your application will not be considered, as this information is required in order to establish equivalency with Indian academic standards” ini maksudnya gimana ya?? Saya bingung…

    • sodara sekarang kualifikasinya apa?
      kalo SMA, penulus dulu jg mengalami hal demikian, setelah ditanya ke kedutaan mereka bilang tidak usah
      itu hnya untuk S1 keatas
      bagi s1 keatas itu maksudnya transkrip nilai, jadi di daftar nilai itu kan ada mata kuliah apa saja yg dipelajari
      atau silabus resmi yg dikeluarkan departemen tiap jrusan per semesternya biasanya.
      kalo di india itu ada semua, bahkan kurikulum sd sampe sma mereka ada semua, dan Cambridge a level ada jg, SAT, IB ada semua
      SMA Indonesia salah satu yg gak jelas di mata sekolah tinggi penganut sistem inggris.
      kareba silabus UAN itu sedrabrek dan pake bhs indo., kalo ditranslate tersumpah, tekor.
      kalo ditranslate pun, tidak sesuai pendidikan 12 tahun standard dunia. materi sma indo sangat minim.

  7. menarik sekali mas promosinya………………”Yang pengen berhenti jadi ‘Anak Cengeng’. Yang ingin menatap dan melawan dunia berkompetisi dengan tidak hanya 1,2 Miliar penduduk India, tapi juga dengan masyarakat Internasional lain, seperti teman-teman Rusia, China, Afganistan, Iran, Guyana, Panama, Meksiko, Brazil, Jepang, Afrika, Thailand, Vietnam dan masih banyak lagi”

    he he he,,,,,,,,,,ntar ketempuan sampeyan lho suruh tanggungjawab klo ank orang nangis minta pulang hahhahaha…..

    • yang menulis promosi ini dulu……………..
      menangis minta pulang, sendirian, bukan sendirian sebenarnya, banyak orang india kiri kanan,tp seakan2 sendirian,tdk ada yg mau diajak komunikasi bhs inggris, di kota bangalore, tengah jalan pesing, malam2, kehausan tp tidak bisa beli air karena takut ketinggalan kereta, yang tidak tahu arah untuk kestasiun kereta itu kedepankah?kekirikah? kekanan kah? meski sampai dapat kereta dan tidak ketinggalan, surivive sampai secunderabad, mesti masih hilang lagi di secunderabad sekitar 2-3jam, masih ditipu 500 rupeees oleh tukan auto

      tapi…
      yang akhirnya survive sampe hampir 2 tahun di india (hingga semoga sampe akhir pendidikan 4 tahun), akhirnya cakap berbahasa hindi,menjadi tur guide, oficial fotografer kampus, sudah tidak ketipu lagi bahkan sering sekali bisa menawar barang jauh dibawah harga yang bisa ditawar kebanyakan teman asli India,
      yang survive “solo” travel (sendirian) ke delhi,himacal, roorkee, dehradun, haldwani, UP.
      yang survive dari east coast chennai, pulau rameswaram, ujung selatan india kanyakkumari yg menghubungkan 3 laut sekaligus, hingga west coast trivadrum, allepey, kochin, naik mysore, bangalore, hampi, smpe balik hyderabad, smua india selatan hnya dlm 14 hari 3800 rupees, uang yg tidak satu teman asli indiapun percaya cukup untuk muter seluruh india selatan.
      dan tentunya target berikut adalah mumbai gujarat perbatasan pakistan, rajastan Nepal, Bhutan, tidak kemungkinan ikut ekspedisi IIT Roorkee ke Mount Everest, hingga pulang India Indonesia Jalur Darat!
      di India hidup -10 derajat celcius bisa, hidup 46 derajat celcius juga bisa

      selamat datang di India
      selamat bergabung dengan PPI India
      salam!

  8. apakah ada program S2 jurusan pendidikan bahasa?dan kira2 kampus apa di india yg rekommended bt jurusan kependidikan?

  9. kalau yang sudah berkeluarga Dan rencana Mau apply s2 apa bisa di bawa keluarganya and all life expense covered by the scholarship?

  10. Alhamdulillah dapat informasi berharga. Kalau mau kuliah S3 linguistik atau Pendidikan bahasa Ingris University nya di mana ya? Terus untuk persyaratan Ijazah apakah harus juga melampirkan ijazah SMA, apakah juga harus di terjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Thanks.

  11. Admin ini dulunya daftar program undergraduate ya? Sekarang kuliah dimana dan ngambil jurusan apa min? Mau tanya2 nihh.. masih bingung milih univ karena emang belum terlalu kenal -_-
    Boleh share emailnya gak? 😀

    • admin sekarang s1 Chemical Engineering NIT Warangal
      silahkan baca dulu sebelum tanya, pengalaman2 umum di readingischeap.wordpress.com
      kontak saya di syauqihidayat.com klik contact me, bagian bawah kontak social saya semua
      = D

  12. satu lg nih ada saran gak gimana caranya ngisi form physical fitness ini? Soalnya buanyaak bgt checklist nya, kalo harus dites satu-satu mahal banget jadinya. Tadi liat di dr.soetomo sby, hampir 2juta buat medical check up yg lengkap. Tolong dong min, share pengalamannya biar gak mahal2 amat.. thanks

    • harus diisi satu persatu
      diisi yang perlu saja
      tolong temui dokter Dian, ( ciri2 beliau masih muda, cantik dan mengenakan kaca mata) beliau baik hati sekali, beliau yang ngecek saya, tentu beliau masih ingat mahasiswa yg mau ke india, dan masih ingat cara ngisinya, harganya saya dulu cuma skitar 600rb )
      tes VCT HIV di Rumah Sakit Menur sja, gratis

      goodluck

  13. kak, saya mau tanya
    sertifikat TOEFL-nya wajib ada ya, untuk yang mau ngambil s1?

  14. kalau mau melanjutkan S2 jurusan pendidikan agama islam bisa nggak di india???kalau bisa, universitas apa yang cocok dengan jurusan PAI???

    • sangat bisa
      Jamia millia islamia new delhi, paling cocok!

      Silahkan cek university list di ICCR yang telah kami berikan. ikuti petunjuk ICCR
      ingin lebih lanjut, buka–> http://jmi.ac.in/

      selamat mendaftar

      kami tunggu di India!
      All the best

      • owh..okk…ini kuliah saya baru sampai semester lima.yang harus saya persiapkan untuk mendapatkan beasiswa iccr apa yha kakak PPI??keinginan saya untuk bisa kuliah di india sangatlah besar… terimakasih…

        • siapkan mental saja, buat membaca info yang sedabrek yang udah tertera diatas hehehe
          itu ada link2nya tinggal klik, download, baca pelan2 yang sabar

          semoga sukses!
          kami tunggu di India!
          salam PPI!

          • okk….terimakasih infonya…semoga tahun 2016 nanti bisa menapakkan kaki di india dan bertemu dengan mahasiswa indo di sana…amiin

    • Di sini ada jurusan Islamic Studies, diantaranya ditawarkan oleh Aligarh Muslim University, Jamia Milia Islamia dan mungkin beberapa universitas lain. Cuma untuk segi keilmuan, Islamic Studies lebih banyak menggarisbawahi sejarah islam secara teoritis. Sekian.

  15. salam pak. sya sudah baca mengenai beasiswa ini. untuk test english yang tanggal 17 februari itu apa ya?? seperti test toefl atau tes wawancara. ?? klw kita baru mendapatkan surat lulus smentara dan transkip nilai, kerna saya baru wisuda 15 februari 2014 apakah bisa?

    • bisa
      surat lulus sementara boleh,
      yang penting harus disertai surat keterangan kapan akan keluar ijazah anda
      india seleksi english 2 kali. 1 lewat toefl, satunya mereka test sendiri. model yg mereka test kan sedikit mirip dg toefl, mereka menambahkan antonim sinonim dan semacam silogisme berbahasa inggris, mirip TPAnya SNMPTN tp bahasa inggris. wawancara berbahasa inggris juga tentunya.

    • selamat berjuang!
      kami tunggu di India

  16. Kak, saya mau nanya Universitas di india yang bagus untuk program hubungan international s2 nya dimana ya kak?

    makasi

    • HI delhi University bagus, JNU new delhi top banget, Poone University cakep, atau di Kottayam Kerala, namanya Mahatma Gandhi Unversity, tempatnya nggak boring kayak Delhi atau Poone, full green, banyak mahasiswa dari prancis, jepang, russia jg

  17. hello ppi , saya gita asal dari medan , saya basic s1 hukum , bisa tidak saya ambil s2 saya di india, saya sedikit bingung karena dari sistem kita indonesia berbeda dengan india. Jika bisa uni dengan environment yang nyaman untk s2 hukum terbaik di mana ya ? seandainya tidak bisa , saya bisa ga ambil s1 lagi tapi di b.a ? Mohon Informasinya . Terimakasih

    • Halo juga Gita. Bisa kok S2 Hukum di India. Saya kebetulan mahasiswa LLM di Osmania University, Hyderabad yang S1-nya di Indonesia (S.H., bukan B.A. atau LL.B.)). Mengenai perbedaan sistem hukum tidak perlu khawatir, karena studi S2 tidak sama dengan studi S1 yang menekankan pada bidang keahlian (legal skills) khususnya hukum positif (Indonesia), sedangkan Studi S2 cenderung lebih pada basis keilmuan, termasuk studi S2 Hukum di India. Seperti pada lazimnya S2 Hukum, akan kuliah LL.M. dengan spesialisasi sesuai dengan minatnya Gita. spesialisasi disini memelajari bidang hukum tertentu secara spesifik, misalnya Constitutional Law, International Law, Corporate Law atau Criminal Law. Untuk mahasiswa asing, khususnya mahasiswa dari Indonesia yang tidak memiliki basic common law system, apabila ingin melanjutkan kuliah S2 Hukum di India saya menyarankan mengambil spesialisasi Human Rights Law, International Law, International Economic Law atau Constitutional Law. Sepengetahuan saya keempat spesialisasi tersebut yang paling diminati mahasiswa asing yang sedang kuliah di India, khususnya International Law dan International Economic Law. Untuk yang Constitutional Law, beberapa kampus sudah menawarkan studi perbandingan, misalnya Osmania University menawarkan LL.M. Constitutional Law in Comparative Studies dan University of Delhi menawarkan MCL yang mengkaji studi perbandingan hukum. Untuk universitas hukum terbaik, menurut versi Nielsen yaitu: (1) NALSAR University of Law, Hyderabad; (2) National Law School of India University (NLSIU), Bangalore dan (3) University of Delhi.

  18. saya mau tanya, apakah ada beasiswa untuk prodi desain khususnya desain produk. terima kasih

    • wow!!! langka ini nyari dispro jauh2 ke India
      program S1 atau S2???
      kalau S1 mungkin satu2nya ya ICCR,
      kalo S2 dari ICCR ada, dari DIKTI juga ada melalui beasiswa unggulan,
      kampus india yang top bidang ini coba cek http://www.nid.edu/
      National Institue of Design
      kampus top design di India, tepatnya Ahmedabad, Gujarat!!!
      termasuk kampus tua, sudah sejak 1961, sekampus gede khusus Dispro!!!

      cek di List of Available University yang sudah tersedia diatas (disediakan ICCR),
      kalau nggak nemu coba konfirmasi/hubungi ke Education Wing di Dubes India di Jakarta,

      semoga sukses!
      kami tunggu di India!

  19. saya ingin menanyakan sedikit masalah tehnis pengisian form ICCR
    pada bagian pemilihan course, kita diminta untuk menyertakan 3 course yang ingin di ambil, nah bagaimana jika ingin mengambil course yang sama di 2 universitas yang berbeda, misalnya, political science di Pune university, dan Delhi university, apakah cukup menuliskan satu saja atau tetap menulis dua dengan turut menyertakan universitas yang dituju?

    apakah urutan pemilihan course harus disesuaikan dengan urutan pemilihan univerisitasnya?
    terima kasih

  20. ka saya msh kelas 3sma dan blm ada ijazah, kmrn saya telpon ke kedubes mrk blg fotocopy aja rapot smstr 1-5 dan haruskah rapot itu saya translate?
    terus enak dan gak enakny kuliah di sana it gmana?
    terus peminat dan kuota dari tahun ketahun makn ningkat atau gmana ? mksh

  21. kak, kalau untuk biologi kira-kira paling bagus dimana saja ya? :) :)

    • ini apa S1 S2??
      kalo S1 ya di kampus teknik oke, seperti IIT Roorke atau NIT Warangal
      kalo S2 di Teknik nonTeknik oke2 saja, seperti Osmania University, Hyderabad Central University, JNU delhi juga mantap banget

      semoga sukses
      kami tunggu di India
      salam

      • oya kak, kalau ambil biomedical scien kira2 blh tdk ya?

        • kami kurang tau, yang jelas Kedokteran (di India MBBS: Medicinae Baccalaureus, Baccalaureus Chirurgiae, or Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery in English) tidak diberikan ICCR
          untuk biomedic coba tanya
          kalo biotech boleh

  22. lalu kak, untuk dokumen-dokumennya itu ditranslate ke english harus yang tersumpah atau tidak ya?

  23. mas mau tanya, di form kesehatan itu tertulis, “I certify that the applicant is up-yo-date on routine vaccinations including, among others, MMR, DPT, Varicella, Hepatitis A&B, etc” nah apakah kita harus vaksin sebanyak itu dulu? padahal setahu saya untuk vaksin itu ada jangka waktunya. Pertanyaan kedua, dulu mas/mbak daftar beasiswa ke india itu melampirkan surat hasil vaksin dari dokter tdk? maaf pertanyaan saya agak ribet. sebelumnya terimakasih :)

    • seingat saya dulu itu vaksin kalo uda jelas mo berangkat
      jadi ngga ngefek proses seleksi
      ketika mo berangkat terserah kita mo vaksin nggak.
      tp pas mo berangkat akhirnya ngga vaksin jg ngga papa
      akhirnya ngga pake “surat ” hasil vaksin dr dokter ngga papa.

  24. Untuk bidang Kedokteran Gigi ada ga ya …..

  25. saya mau tanya apakah surat rekomendasi dari dosen juga harus dicopy 6 kali? trus kalo iya keenam2nya diamplopin trus ditanda tngan sam dosen juga? karna biasanya surat rekomendasi bersifat rahasia.
    mohon bantuannya
    terima kasih

    • Khairunnisa Nasution

      Hallo Cyli.
      Semua formulir dan lampiran wajib rangkap 6. Biasanya berkas yang asli (yang ditandatangani dan/atau distempel biru) dikelompokkan dalam satu bundelan. Sisanya, bisa fotokopian saja, surat rekomendasi dan form physical fitness misalnya.
      Surat Rekomendasi tidak disyaratkan dimasukkan dalam amplop. Tapi jika merasa perlu, saya kira boleh saja.

      Selamat Berjuang..!

  26. assalamualaikum,,,,,
    kaka2 pngurus PPI India,saya mau tnnya apakah ada beasiswa untuk studi ilmu hadist???
    klo ada bgaimna prosedur pndaftrannya ???
    apakah bsa melalui jlur IICR juga,,???

  27. assalamualaikum,,,,,
    kaka2 pngurus PPI India,saya mau tnnya apakah ada beasiswa untuk studi ilmu hadist???
    klo ada bgaimna prosedur pndaftrannya ???
    apakah bsa melalui jlur IICR juga,,???
    terima kasih

    • ada tentunya
      itu dibawah islamic studies
      coba cek di Aligarh Universtiy, Jamia milia Islamia,
      univ2 top yg menawarkan sutdy Islam
      prosedur pendafttaran sama dengan ICCR
      ikuti saja petunjuk yang ada di FORM

      semoga mendapatkan yg terbaik
      kami tunggu di India!
      salam

  28. makasi khairunisa,,,,,
    O ya, ada ga dari teman2 yang tes physical fitnesnya di Bandung? Itu dulu dimana dan kira2 biayanya berapa?
    makasi,,,,

    • o iya satu lagi. saya berencana mau nganbil matematika ato computer science di univ of delhi sama anna univ, satu lagi univnya bingung. mungkin teman teman ada saran sebaiknya dimana?. heheheh
      makasi….

    • tes kesehatan rata2 500rb-700rb kadang ada yang sampai 1jt pintar2 milih dan menego dokter hehe
      bilang pelajar mo buat beasiswa

  29. saya berniat banget untuk lanjut s1 di india tp umur saya saat ini 22 tahun,apakah saya msh bisa mendaftar di s1??
    kebetulah saya sudah kulia tp terhenti karena biaya,jd saya msh pengen kulian n mendptkan beasiswa..
    terimakasih

  30. mau tanya kak,
    saya mau ambil MBA di india, bagusnya univ mana yng recommended? apa ada yang bisa daftar pake kuota orang asing jadi ga perlu ikutin examnya buat beasiswa iccr. tolong sarannya kak…..
    kalau ga beasiswa, kira2 univ mana yang uang semester per tahunnya lebih murah untuk siswi international seperti saya … apa harus test masuk diikuti, takutnya ga lulusss sih..hehehehheeee….
    terimakasih kakak :)

    • Khairunnisa Nasution

      Recommended Univ buat MBA ya IIM-A. (Indian Institute of Management Ahmedabad.)
      tapi di Delhi Univ juga bagus.

    • Hi Inri,

      Saya jg ambil MBA di India (lewat ICCR), minornya di tahun kedua “Agribusiness Management” di CCS HAU, Hisar.
      Niatmu sudah bagus utk ambil MBA di india karena sangat2 banyak universitas (ratusan) yg menawarkan program tersebut, dibandingkan di Indo yg masih bisa dihitung jari. Di Indo MBA masih termasuk program yg langka.

      Utk MBA, IIM (Indian Institute of Management), Ahmedabad adalah yg terbaik. Tapi sangat kompetitif entrance test-nya dan jauh lebih mahal fees-nya dibanding kampus2 lainnya. Mungkin ICCR tdk akan meng-apply-kan candidates ICCR awardees ke kampus ini krn kemahalan (normalnya program MBA memang jauh lebih mahal bila dbanding dgn program S2 lainnya), jadi kmungkinan keterima di ICCR juga kecil. Menurut saya, inilah alasan mengapa ICCR sejauh ini sangat jarang menerima candidates utk program MBA. Tapi kalo buat Inri finansial bukan suatu masalah, ambil MBA di india saya pikir sgt tepat, tinggal berjuang utk entrance test-nya.
      Ada buannyak bgt universitas yg menawarkan MBA disini. Silahkan check di Link di bawah ini. Di website tersebut sudah termasuk ranking, total fees, cutoff, bahkan E-brochure masing2 kampus yg menawarkan program MBA juga tersedia.
      http://www.shiksha.com/top-mba-colleges-in-india-rankingpage-2-2-0-0-0

      Thanks,
      Rianto

  31. terima kasih atas infonya…
    oh ia,,,,saya mau tanya juga ,toefl jenis apa yg bisa di pake buat daftar?
    trus,.,,,,daerah mana yg di situ banyak di tinggali banyak ulama ahli hadist?

    • Mas Afif juga pengen berangkat ke India utk belajar hadist kan? Nah Alhamdulillah tahun ini kami juga ingin berangkat ke India utk belajar hadist. Dan setahu kami, tempat yg paling banyak ulama hadistnya yaitu di provinsi/negara bagian uttar pradesh. Begitu juga universitasnya. Universitas yg paling nomer wahid dalam masalah hadist ada 2 di uttar pradesh dan bahkan ini yg terbaik di india (bisa bersaing dgn ulama hadist dari daerah jazirah arab lainnya)
      Universitas yg saya maksud adalah:
      1). Darul Uloom, di Deoband 2). Nadwatul Ulama, di Lucknow
      Kedua intitusi itu sama2 di uttar pradesh, dan sekarang saya dan temen2 saya juga sedang berusaha untuk belajar disana.
      Sya jadi tertarik utk ngobrol lbh panjang dgn antum. Jika antum berminat silakan add akun fb saya berikut ini, terimakasih:

      https://m.facebook.com/ibnu.almaidani?ref_component=mbasic_home_header&ref_page=%2Fwap%2Fprofile_timeline.php&refid=17

    • Assalamualaikum akhi, ana juga pengen belajar hadit ke India
      senang rasanya bisa ngobrol2 dengan antum, siapa tahu kita bisa berangkat bareng kesana
      alhamdulillah ana bersama seorang temen akan berangkat dalam waktu dekat ini dan Insya Allah tau tempat belajar hadist yang bagus, berkualitas, dan berbeasiswa,, (sesuai dengan keinginan antum…)
      Nah, jika antum pengen ngobrol lebih panjang lagi, silakan add akun fb saya berikut ini:

      https://www.facebook.com/ibnu.almaidani?fref=ts

      Ana tunggu antum sesegera mungkin di fb ana,,,
      Jangan lupa, kasi tau nama antum dan kalo bisa, lampirkan juga alamat akun fb antum disini (balas juga disini) biar ana kenal, jika entar mau nge-konfirmasi antum ^_^
      Gitu aja,
      semoga kita mendapat kesamaan langkah, dan mungkin bisa bareng berangkatnya ataupun bareng tempat study nya…
      terima kasih, wassalam ^_^

  32. Slamat siang
    aku mau nanya klo buat Master Finance & Accounting di India, bagusnya di kampus mana ya?
    terus, kira2 biaya kuliah klo di tanggung sendiri antara kisaran brp ya?
    terima kasih

    • Khairunnisa Nasution

      Kalo di India, setahu saya Finance dan Accounting itu masuk dalam Department of Commerce. Jadi biasanya gelar akhirnya itu M.Com.(Master of Commerce). Finance dan Accountingnya, jadi spesialisasi saja di akhir kuliah. jadi gelarnya bukan Master of Accounting,
      saran Univnya, Madras Univ, Mysore, Osmania, Bangalore.

      Selamat berjuang..!

  33. salam PPI india

    saya mahasiswa pascasarjana fisika, saya ingin bertanya di india ada beasiswa penelitian ( khususnya tentang FTIR atau spektroskopi) dan kalau ada di univesitas mana ya?

    terimaksih

  34. Salam PPI India
    mo tny nih maksudny
    Applications for the 2014 academic year for the Government of India scholarships provided by the Indian Council for Cultural Relations (ICCR) are now being accepted in the Embassy of India in Jakarta. Last date for acceptance of applications is 7th February 2014?

    • Iya, kita sudah post info ini juga sejak lama
      coba tahun depan lagi saja

      mungkin masih belum rezekinya tahun ini
      dan di ingat2 beasiswa ICCR buka sejak desember hingga februari setiap tahunnya

      pintu masih terbuka lebar,
      jangan patah semangat,
      sabar, terus berjuang
      kami tunggu di India,
      SALAM

  35. Asslamu’alaikum. Kak bsk senin saya akan menghadiri english proficiency test di Indian Embassy Jakarta, kalau blh saya minta tips nya supaya lancar saat tes, terimakasih sebelumnya :)

    • Maaf kami baru bisa balas sekarang, beribu maaf…
      wah telat njawab ya
      iya, tesnya sederhana, mirip2 seperti TOEFL, sedikit lebih susah,
      kombinasi dikit sama GRE atau SAT
      belajar TOEFL yang rajin, sukur2 bisa buka2 buku BARON yang SAT dan GRE

      sekarang tetap berdoa
      semoga mendapat yang terbaik
      kami tunggu di India =D

  36. Assalamu’alaikum, selamat malam kak…
    Kak….saya kuliah di PTS nih…kira2 hasil TOEFL dari kampus saya bisa di accept ngga kak? Sebab Toefl dikampus saya greatnya rendah. Mohon sarannya, apakah saya harus tes TOEFL di PTN atau tempat khursus Bahasa Inggris yang terakreditasi???
    Dan…Saya ingin ngambil jurusan pariwisata nih….ya semacam jadi tour guide gitu nantinya kak. kira2 Univ yang cocok di India dimana ya kak untuk jurusan tsb??? untuk S1

  37. assalamualaikum, saya dari aceh..
    sudah berakhir ya PPI india ini?
    saya berminat sekali
    saat ini saya tengah menyelesaikan program studi S1 di bagian Ketahanan pngan pertanian
    sekarang tengah semester 4. apa masih bisa?\
    atau ada ide dan masuka lain min? terima kasih 😉

  38. Salam berbagi,
    Sy S2 pendidikan bahasa dan sastra indonesia, trus sy mau ambil jurusan komunikasi di india, cocoknya di universitas apa dan tolong gimana caranya untuk dpata beasiswanya. Hubungi siapa aya. Ada nomor ponsel yg bisa sy hubungi??? Harap bantuannya…!!!

  39. hi ppi..
    kl s2 dan s3 buat keguruan univ apa sj d india. kl biaya sendiri persemestrx brp kira2
    mkasih

  40. kalau jurusan antropologi seni ada gak???? pendaftaran untuk bulan juni masih ada gak?? karna baru mau ngurus sertifikat toefl.. mohon infonya yah…

    • di India susah meminta ketersediaan sebuah jrusan
      yang ada kadang mereka suka memasukkan mahasiswa asing jika tidak ada jurusan yang dimau, akan mereka masukkan ke jurusan yang paling tidak mirip
      ada jg jadi kadang mahasiswa mengharapakan jrusan A yang seharusnya diharapkan mengjarkan ini itu seperti di Indonesia, ternyata jrusan dengan nama yang sma di india bisa mengajarkan mata kuliah yang lain atau paling tidak tidak sesuai dengna yg diharapka

      pendaftaran sudah tutup sejak Januari lalu
      bisa mendaftar lagi akhir tahun ini untuk 2015/2016

  41. aku sndiri dr D3 mau lanjut k S1 ada nggak ya mas ?

  42. Malam kak maaf ganggu
    kalo mau daftar gimana ya kak >??
    terus syarat2 nya apa aja ?
    saya lulusan 2013 tapi kak
    mksih kak

    • sudah ada keterangannya di pdf yg sudah di list
      tinggal di download baca baik2 diisi dan diikuti instruksinya
      alamat pengiriman jg sudah ada
      nomer telepon jg sudah ada
      jd info yg ddpat sgat update
      namun pendaftaran sudah tutup tahun ini
      silahkan tunggu tahun depan yaitu dibuka mulai akhir tahun ini sekitar desember

  43. selamat malam kak, saya tertarik untuk melanjutkan S2 di sana, saya jurusan Sastra Jepang kira-kira univ. yg cocok apa ya kak? thanks

    • Coba di JNU New Delhi, Departement Linguistic spesialisasi Asian Study
      Tapi sekilas info, anak2 indonesia ke India kebanyakan belajar Sanskrit, English atau Bahasa Arab, karena selain jurusan tersedia,
      lingkungan sangat mendukung, sanskrit dan english jelas
      kalo bahasa arab, disini banyak mahasiswa asli arab seperti dari Syiria, yaman, iraq, sudan, mesir.
      namun mahasswa jepang disini tidak begitu banyak
      hanya beberapa di Pune dan Kerala

      Semoga sukses
      salam

  44. WIDYA RISMAWATI

    Assalamu’alaikum PPI INDIA
    sy insyaAllah lulus tahun 2015 dari pendidikan DIII kebidanan. nah sy pengen kuliah ke luar negeri, salah satu tujuan sy adalah india. dan sy pengen ngambil jurusan misal bahasa arab, etc di salah satu islamic university in india. bisakah direcomendasikan di universitas mana ?

  45. Bismillah,,,
    saya ingin menanyakan apakah di India ada beasiswa s2 bidang sumberdaya perairan?? mohon informasinya :)

    • mungkin tidak begitu banyak, karena India lebih cenderung di Agriculturnya
      Kalo di India banyak yang membuka Agricultural Engineering
      tp silahkan di cek di google,
      cari marine and fish engineering in India
      trus kalo sudah nemu universitasnya tingal cek di brosur ICCR.

      semoga sukses
      salam

  46. trimkasih atas infonya. saya lulus tahun sekrg D3 teknik infrmatika. bisa dftar S1 ga?

    • sepertinya langsung tanyakan saja ke Education Wings di Indian Embassy di JKT. bisa telpon
      solanya di India jarang laku pendidikan diploma jadi kebanyakan langsung S1 setelah lulus SMA
      jadi jarang ada kasus transfer tidak seperti di Indonesia

  47. Assalamu’alaikum, mau nanya, bgmana cara belajar di Universitas Darul Ulum Nadwatul Ulama College di Lucknow, Uttar Pradesh? Mohon bntuannya, trmakasih..

    • kalo itu ada di list ICCR ya tinggal apply ICCR sesuai prosedur yang sudah kami posting
      kalo mau beayaya sendiri silahkan hubungi facebook Erick Forland atau Hammam Sanadi, pengurus PPI India yang mengurus ini.
      bisa juga klik nama di kolom pengurus PPI tersebut

      semoga sukses
      salam

  48. mau tanya..saya mau melanjutkan s1 di india. jurusan seni budaya india atau tari india ada gk yeah? trus universitas apa?
    makasih kk ppi

    • Delhi UNiversity, JNU delhi,
      di Ahmedabad Gujarat juga ada,
      coba lebih specific, jadi nanti search dulu di google trus kalo sudah ktemu jurusannya tinggal nyari univ mana,
      kmudian cek di list beasiswa ICCR,
      kalo mau beaya sendiri silahkan hubungi facebook Erick Forland atau Hammam Sanadi, pengurus PPI India yang mengurus ini.
      bisa juga klik nama di kolom pengurus PPI tersebut

  49. halo kakak2 PPI India, saya lolos beasiswa IICR tahun ini ,
    bisakah saya mendapat informasi tentang awal dari keberangkatan hingga pas di sanany , apakah ada yg menjemput, tempat tinggal bagaimana dan beasiswa cair kapan .. saya dijadwalkan tgl 15 agustus tahun ini sudah harus di India, di Allahabad University . tetapi saya bingung soal tiket penerbangan dan pas sudah sampai di India sana , terima kasih banyak ,
    mohon di jawab

  50. Assalamu’alaikum
    Dear rekan-rekan di PPI, semoga sukses selalu. Maaf tanya, Biasanya bulan apa hasil pengumuman penerima beasiswa ICCR?

  51. kalau ingin apply tp belum ada sertifikat toefl gimana?

  52. Halo kak, ngiri deh pengen ikut beasiswa di India juga. Kebetulan aku punya banyak temen org India baik yg di Jakarta ataupun yg disana. Kalau mau ikut S2, kita bisa milih universitasnya kan ya? Kalau di IIM Ahmedabad kayak film 2 States itu bisa gak sih? Soalnya aku udah liat di webnya, tapi kok gak ada IIM di listnya. Kakak sendiri skrg di kampus mana? IIT?

    • kebetulan IIT dan IIM tidak menerima mahasiswa S1 dari LN selain jalur tes, yang terketat di dunia itu.
      kalo S2 masih ada kemungkinan untuk ke IIT Roorkee karena ada kerjasama G to G saat konfrensi asia afrika dulu hingga sekarang
      kalo IIM tidak ada di ICCR jadi ya kalo ngga self finance ato biaya lain, yang jelas jalur masuknya tes

  53. aku tertarik S1 di india , apakah bulain ini suda ditutup ? atau aku mengikuti tahun depan . persyaratan apa aja ya kalo kuliah s1 di sana ? makasih kak .

  54. Rizal Maulana Hasby

    salam, untuk lanjut s2 atau s3 ada syarat husus ipk ?? tks

  55. saya mau bertany untuk biological Agriculture yang berhubungan dengan biologi dengan pertanian, bagusnya di univ apa ya? dan apakah pembukaan beasiswanya setiap bulan juli?

    Terima Kasih :)

  56. Maaf, kak numpang nanya2 :-)
    Saya tu kebetulan pengin banget ngambil prodi M.A. Economics di Delhi School of Economics, University of Delhi dengan ICCR. Tapi untuk masuk kesana, camaba foreign nationals diwajibkan untuk lulus salah satu dari: 1) entrance exam, atau 2) Tes GRE dengan skor memadai. Pertanyaan saya adalah:
    1) Untuk bisa kuliah di prodi tsb dengan ICCR, apakah harus ikut salah satu seleksi di atas atau lulus seleksi ICCR saja sudah cukup (otomatis keterima)?
    2) Berapa GRE score rata2 S2 Ekonomi di India?
    3) Apakah pengalaman non-akademik (ex: prestasi lomba, ormawa, pengabdian masyarakat) juga diperhitungkan dalam tes interview/ penilaian seleksi ICCR?

    Mohon jawabannya ya kak, atas perhatian dan informasinya saya ucapkan trimaksh :-)

    • Syufra Malina A Seingat saya, jika lulus melalui ICCR otomoatis diterima tanpa harus tes GRE dsb. Silahkan dikonfirmasi ke ICCR lagi utk pastinya, siapa tau kebijakannya berubah. Dan seperti komen @xiant diatas…ICCR tidak selalu meluluskan peserta beasiswa sesuai dengan kampus dan prodi pilihannya..tp banyak juga yg dapat sesuai dengan kampus dan prodinya. Saya salah satu yg lulus di prodi dan kampus pilihan, dan juga lulus di prodi dan kampus bukan pilihan. Jadi pilihan buat saya saat itu terbuka.

  57. maaf kak numpang nanya2 :-)
    kebetulan saya ingin studi di program M.A. Economics, Delhi School of Economics, University of Delhi. Untuk masuk kesana, foreign nationals diwajibkan untuk lulus salah satu dari: 1) Entrance Exam atau 2) GRE Test dengan skor memadai. Pertanyaan saya:

    1. Bila saya ingin studi pada prodi tsb dg iccr, apakah saya juga harus mengikuti salah satu seleksi di atas atau cukup lulus seleksi iccr saja?
    2. Berapa rata2 GRE Score untuk prodi S2 Ekojnomi di India?
    3. Apakah pengalaman non-akademik (spt: prestasi lomba, ormawa, dll) juga dijadikan kriteria penilaian saat tes interview/seleksi iccr?

    Sekian , terima kasih.

  58. kalau s2 atau s3 buat keguruan, saran PPI univ mana sj dr banyakx list univ yg ditmpilkan, minat tuk tahun depan.
    makasih

  59. Salam kakak-kakak semua,
    saya ada beberapa pertanyaan:
    1. saya ada rencana untuk mengambil s2 MBA di Universitas Dehi, saya mau tanya berdasarkan pengalaman peserta yang keterima MBA di india itu banyak tidak ya?,
    2 selain itu saya mau tanya, dalam application form kita kan harus state tiga univesitas yang menjadi pilihan, nah untuk surat rekomendasi itu perlu distate ngak sih masing2 univesitas itu, atau kita tidak perlu menyebut nama universitas tujuan dalam surat rekomendasi?
    3 yang terakhir, untuk Silabus itu apakah saya harus dilampirkan semua silabus perkuliahan s1 saya?, karena keseluruhan silabus ini tebalnya bisa 2 inci untuk satu kopinya.

    • Hi Satya…

      1. Semua kemungkinan ada. Jadi coba aja. Di sini memang kebetulan yang banyak ambil adalah s2 inggris. Tapi banyak juga yang ketrima pada jurusan-jurusan lain seperti hukum, ekonomi, hubungan internasional, dll.
      2. Iya disebutkan semua. Jadi ketiga-tiganya disebutkan. Jurusan, universitasnya, dan nama kotanya.
      3. Cukup dilampirkan transkip nilai s1nya. Selain transkip nilai: ijazah, toefl, dan surat rokemendasi wajib dilampirkan.

      Selamat mencoba :)

  60. Mau tanya lagi nih,

    1. saya pernah denger klw kita mungkin akan dimasukan ke universitas yang tidak kita pilih, nah klw dalam surat rekomendasi kita state tiga universitas, berarti rekomendasi itu ngak valid buat univesitas lainnya?, saya jadi bingung
    2. untuk ijasah, Sttb dan Transkrip itu boleh kita translate sendiri tidak ya, dalam artian ngak pakai penerjemah, nantinya kan ijasah yang udah ditranslate di legalisir, nah kalau stempel legalisasinya menggunakan bahasa indonesia “Disahkan sesuai aslinya” boleh gak ya?.
    3. klw saya tidak punya close relative di india, saya tulis apa ya?,hehe. could i get a contact of indonesian student/ PPi India contributor that is in india right now?.
    4. selain itu Surat rekomendasi harus ada KOPnya atau tidak harus ya?.

    Thanks verrryy much for time and energy used to answer this question. :)

  61. ka untuk lulusan D3 lanjut S1 apa harus ditanyakan dulu ke kedubes india ? saya berminat untuk lanjut S1 di india.

    • Ika, sepertinya tidak ada program ekstensi untuk melanjutkan ke S1. Jadi untuk mengambil S1 seperti prosedur biasanya. Namun, untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke education wing of Indian embassy di jakarta.

  62. Kak,
    Mau nanya nih,
    Kalau mau masuk S1 disana tapi biaya sendiri apa persyaratannya sama kayak beasiswa ICCR? Harus ada TOEFEL kah?

  63. hallo,
    kenalin, namaku rosiana.
    aku mau tanya, jurusan aku waktu di SMK kan Softwere engineering nih. naah, sedangkan aku punya minat jadi graphic designer. sekarang aku kerja di sebuah toko kecil sebagai editor(bikin banner, brosur, desain stempel, dll) sekalian jdi freelancer di salah satu online market (bagian illustrasi).. aku pengen banget bisa nerusin kuliah untuk undergraduate di luar negeri (dengan tujuan mendapatkan pendidikan dengan standar internasional dan juga mendapatkan lingkup baru yang pastinya bakal enrich my knowladge and experince ku)
    pertanyaannya :
    – adakah beasiswa full yang super duper “gila-gilaan” kaya Turkiye Burslari Scholarship untuk ke India? (beasiswa full, asrama pemerintah gratis, makan pagi-malam gratis, uang saku 2,5jt(utk S1), gratis khursus bahasa turki selama 1 tahun, tiket PP ditanggung pemerintah turki, dll<– menurutku ini super gila 😀 )
    – aku udah download file daftar universitas yang di sediakan. tapi tidak beserta linknya seperti yang tertera disini : http://turkiyeburslari.gov.tr/index.php/tr/turkiye-burslari/universiteler
    (maaf ya kalo malas, soalnya aku baru saja menyelesaikan satu persatu pengecekkan di masing2 universitas dan departement yang aku minati) menurut admin, yang cocok dengan minat ku universitas yang mana aja ya? (kalo bisa jangan satu universitas saja ya min, 12 optional kaya beasiswa turki)
    – kira kira, berapa total biaya yang diperlukan untuk memenuhi semua syarat (ongkos2 pas ngojek skalian di itung jga gpp min 😀 hehe)?
    – bisa ga aku kuliah modal sendiri min? (meminimalisir kontribusi ortu min, biar ga nyusah2in bener)
    – ini beneran ya ga ada batasan umur untuk S1? (Turkiye Burslari membatasi untuk S1 max 21 tahun)

    -__- aduh, banyakan. tolong bantuannya ya min, :)

    terima kasih,

    • Hai Rosianaa….
      Wew… diborong langsung sekali nanya. Hehe…
      Konteks beasiswa di India beda dengan di Turki. Di India, makan gak ditanggung. Jadi makan pagi siang malam ditanggung sendiri makannya biasanya makasiswa di sini lebih suka masak sendiri. Selain hemat juga lebih sehat.
      Beasiswa India (ICCR Scholarship) tidak menyediakan tiket berngakat ke India maupun pulang ke Indonesia. Jadi untuk transportasi ditanggung sendiri.
      Uang saku yang diberikan sekitar 2 juta rupiah per bulan dan diberikan uang buku sekitar 1,4 juta per tahun.
      Untuk universitas yang diinginkan ada baiknya melihat daftar perguruan tinggi yang ikut dalam program ini. Bisa dilihat di link berikut:
      http://www.indianembassyjakarta.com/index.php/2013-05-20-10-04-25/education2/scholarship/general-scholarship-scheme

      Tertarik?
      Selamat mencoba! :)

  64. hello, kakak ppi di india, saya ada rencana lanjut studi s2 di india, saat ini sedang menempuh studi tahun terakhir di universitas brawijaya, malang. saya mau tanya nih, universitas yg bagus disana untuk geophysics apa ya? bisa tolong direviewkan tentang masing2 universitas tersebut? biasanya awal pembukaan beasiswa ppi di bulan apa?ada kualifikasi khusus untuk calon penerima beasiswa?

  65. kak,
    kalo mau masuk S1 disana tapi tidak ikut beasiswa ICCR alias biaya sendiri, apa masih ada tesnya? dan apa wajib ada TOEFL’nya? mulai pembukaan pendaftarannya kapan?

    • Hi Ummu,

      Tidak semua universitas mewajibkan TOEFL. Untuk self-finance biasanya seleksi melalui berkas aja untuk mahasiswa asing. Silakan kunjungi web kampus yang diminati untuk informasi yang lebih lanjut.

      Terimakasih.

  66. Hei semuanya salam :-)
    mau nanya,saya itu kebetulan dri kecil sdh suka bnget yg nma nya india dan pengen bnget k’India…saya baru tamat SMA thun ine 2014 dan bloem lnjut kuliah krn bloem ad kmpus yg aqu sukai tpi kegiatan saya sekrg cuma LES bhs.inggris d’ELC untuk memperlncr saja dan bru mau ikut tes TOEFL so
    (Pertanyaan 1)kira” aqu bisa ngk yaa thun ine ikut pengambilan beasiswa dan syart2 nya ap saja trus tahap-tahapnya yg harus dilalui?
    (Pertanyaan 2)Kalau seandainya nih ngk lulus dpet beasiswa bgmna cranya spya tetap bisa kuliah di sana?

    mohon bantuannya kakak-kakak semua :-)
    #thanks before

  67. Salam. Saya mau bertanya,
    1. Jika diterima ICCR tapi tidak ambil (misalnya krn sudah diterima beasiswa lain) bagaimana?
    2. Untuk visa studi apakah single entry atau multiple entry?
    3. Apa universitas yang lumayan untuk S1 Information Technology (selain IIT dan NIT)?
    4. Apa yang harus disiapkan (materi, mental) untuk melanjutkan studi di India?
    Sekian, terima kasih.

    • Hai Clementi,

      1. Silahkan diambil. Tidak ada masalah.
      2. Multiple Entry
      3. Ada beberapa. Ada Delhi University, Osmania Univ, Jawaharlal Nehru Univ, etc. Silahkan pilih sesuai dg kota yang diminati.
      4. Mental kudu lebih siap tinggal di India di mana situasi dan kondisi berbeda dengan di Indonesia.

      Terimakasih

  68. Salam kakak, mau tanya dong.. saya baru lulus S1 pendidikan matematika dan saya kepengen sekali lanjut S2 ke india mohon referensi universitasnya. kira kira sebaiknya di universitas mna ya yg sesuai? Terus kalau ikt beasiswa masalah living cost-nya jg di tanggung dr kita dr pmberi beasiswanya? Teerimakasih kakak. Moohon informasinya… Salam..

  69. Hi ka :)
    Saya ingin kuliyah S1 jurusan Teknologi Bioproses di India
    1. Kira-kira universitas mana yang tepat untuk jurusan tersebut? Dan bagaimana biaya serta prosedur yang di lakukan karena ingin menggunakan biaya sendiri?
    2.apakah mahasiswa internasional juga harus melewati seleksi tertulis untuk dapat masuk di IIT? Dan kisaran tuition fee per semester di IIT?

    Terima Kasih

  70. Maaf kak mau tanya, Untuk beasiswa 2015-2016 dibuka bulan apa ya kak?

  71. hallo kak,,, :) thanks yah buat infonya. Saya pengen banget melanjutkan S2 bidang manajemen di India. saya Lulusan S1 Teknik Lingkungan. Kira2 universitas di India yang membuka jurusan manajemen apa ya? Mohon bantuannya…thanks :)

  72. Nama saya Afiani..
    Kak, saya ingin bertanya.
    1. TOEFL untuk di india itu minimal berapa ya skor nya ?
    2. Kalau univ nya itu ditentuin dari sananya dan kita hanya menentukan jurusannya atau sebaliknya ?
    3. Disana kita disuruh belajar bahasa india selama 1 tahun atau enggak kak ?
    4. Itu untuk all jurusan ?
    5. Hyderabad Central University itu tidak membuka beasiswa atau ada yang tersendiri lagi ? (Kalau misalnya ada, minta link nya kak 😀 )

    Terima Kasih. Mohon di bantu 😀

    Email : AfianiHasyafaL@gmail.com

    • 1. TOEFL min 500.
      2. Kita memilih universitas dan jurusan, jika kita diterima beasiswa maka ICCR akan mendaftarkan kita pd kampus yg kita tuju sbgmn yg kita tulis dlm application form. FYI, 3 kampus/jurusan bukan preferensial.
      3. Tidak. Disini medium English, jado kuliah pakai bahasa Inggris.
      4. Iya, kecuali yg berhubungan dg ilmu medis.
      5. Ada, namanya University of Hyderabad (Dulu namanya Hyderabad Central University).

  73. saya mau mendaftarkan s2 ke india tahun 2015 bagaimana caranya

  74. salah satu syarat yg tertera di Point iii:
    iii. Certified copy of the syllabi, curricula, etc. of courses covered in schools, colleges, universities attended (except the Senior Cambridge, High Cambridge and London General Certificate of Education examination) with full details. Note: If this information is not supplied, your application will not be considered, as this information is required in order to establish equivalency with Indian academic standards.

    kakak, sy ingin bertanya, saya lulusan S1 ijasah saya sudah ada translate bahasa inggrisnya. Kalau melihat kalimat di atas berarti ICCR Meminta 2 pendidikan terakhir. berarti apa saya perlu mencatumkan ijasah SMA Saya? namun Ijasah SMA saya belum di translate, mohon bantuannya sekali bagaimana dengan resmi mendapatkan translate-an ijasah SMA ini?
    Please kindly reply.

    • Bisa melalui penerjemah tersumpah atau sila menghubungi pihak SMA. Biasanya solusinya dg dibuatkan terjemahan oleh pihak pusat bahasa di SMA atau nanti kita disuruh buat sendiri dan kepala sekolah akan menandatangani dan kasih stempel.

  75. Selamat Malam.. untuk papsport harus ada atau nanti kalau lulus baru di buat untuk memenuhi persyaratan nya.. mohon di bls.. trims infonya..

  76. kalau misalnya fotokopi paspor itu wajib kah? soalnya yang aku liat di website resmi india gak ada fotokopi paspor, kalau kaka dulu gimana ya? Trims

  77. oh ya ka, persyaratannya tiap tahun beda kah?

  78. Assalamu’alaikum kawan, btw mau tanya ni tentang kuliah S2 di india. Apakah di Aligarh muslim university ada Prodi Biologi/Biokimia tuk S2 atau mungkin ada rekomendasi lain?

    mohon info nya.
    Jazakumullah Khairan Katsiran.

    Wassalamualaikun.

    • Walaikumsalam.

      Hi Rini…
      Sebelum menjawab pertanyaan kamu, saya mau nanya kamu ikut ICCR atau Self Finance?
      Sepertinya di Amu ada Biochemistry dan Microbiologi, tapi untuk mengetahui info lanjutan mengenai apa yang ditawarkan kampus AMU. Bisa lihat di link di bawah ini:
      http://www.amu.ac.in/department.jsp

      Atau bisa juga coba di Osmania University Hyderabad. Bisa dilihat di sini:
      http://www.osmania.ac.in/

      Atau di Hyderabad Central University:
      http://www.uohyd.ac.in/

      Atau di Delhi University:
      http://www.du.ac.in/du/

      Goodluck!

      • Afwan…. saya baru bisa balas…. saya mencoba menjawab tentang ICCR atau Self Finance, sementara ini saya belum ikut ICCR atau Self Finance, dikarenakan masih dalam study S1 dan insya Allah setelah saya lulus saya mencoba ikut ICCR atau Self Finance sementara ini saya nyari info dulu terkait study S2 di india.

  79. Sy berniat kuliah s2 bidang pendidikan bahasa perancis di India jalur beasiswa. Sy skrang sedang masa kerja. Sy ingin ikut yang tahun ajaran 2016. Sy minta saran universita yg recomended buat jurusan sy. Trimakasih kaka

  80. Halo., perkenalkan nana saya Paulince, saya sudah lulus d3 dan sangat tertarik untuk melanjut ke jenjang s1 di Universitas terbaik di India, apakah saya masih bisa mendaftar atau tidak?
    Terima kasih sebelumnya.

  81. Salam kenal. Saya purdana ingin sekali melanjutkan pndidikan s2 di india. Saya lulusan teknik Sistem Komputer. kira” kampus yang recomended di bidang teknologi informasi apa ya Min ? mungkin bsa share infonya. Terima kasih….

    • Salam kenal…
      Purdana… kamu bisa coba ke IIT Mumbay. Itu adalah institut teknologi nomer 1 di India. Atau bisa di IIT lainnya seperti Rookey. Kamu juga bisa coba di kamous NIT yang tersebar di beberapa kota seperti Warangal. Kamu rencananya beasiswa atau self-finance?

  82. hai kak, infonya berharga banget deh.
    mau tanya boleh yaa
    saya sedang menyelesaikan s1 psikologi dn baru lulus bulan mei ini.
    1. apakah saya masih bisa ikut tes beasiswa?
    2. universitas manakan yg bagus s2 psikologi?
    3. apabila biaya sendiri, kira kira berapaan biaya kuliah dan biaya hidup disana kak?
    4. bagaimana caranya agar saya bisa melanjutkan s2 di india dg biaya sendiri?

    • Walaikumsalam

      Hi Icha…
      Saya jawab ya:
      1. Masih bisa untuk tahun depan, untuk tahun ini sudah ditutup aplikasinya.
      2. Bisa lulus dengan mendaftar ke universitas yang diminati.
      3. Ada beberapa universitas yang memiliki psychology seperti Osmania University, Delhi University, Aligarh Muslim University, Jamia Milia University, dll.
      4. Biaya tergantung universitas yang dituju.
      Selamat mencoba

  83. assalamualaikum :)
    saya icha, mau bertanya beberapa hal boleh ya kak :)
    saya insyaallah menyelesaikan s1 psikologi pada bulan mei 2015.
    1. apakah saya masih bisa ikut beasiswa ke india?
    2. kalau tidak, bagaimana cara agar saya bisa lulus s2 di india?
    3. universitas mana yang bagus s2 psikologi?
    4. berapa biaya kira-kira untuk hidup dan perkuliahan disana?
    terimakasih banyak banyak ya kak, mohon infonya :))

    • Walaikumsalam

      Hi Icha…
      Saya jawab ya:
      1. Masih bisa untuk tahun depan, untuk tahun ini sudah ditutup aplikasinya.
      2. Bisa lulus dengan mendaftar ke universitas yang diminati.
      3. Ada beberapa universitas yang memiliki psychology seperti Osmania University, Delhi University, Aligarh Muslim University, Jamia Milia University, dll.
      4. Biaya tergantung universitas yang dituju.
      Selamat mencoba

      • Kak, kalau mintak bantuan untuk akses cara daftar di delhi university bisa gak kak?
        Kalau biaya hidup dan biaya kuliah di delhi university berapaan kak?

      • Kak, kalau mintak bantuan untuk akses cara daftar di delhi university bisa gak kak?
        Kalau biaya hidup dan biaya kuliah di delhi university berapaan kak?

  84. Salam…
    Kak saya mau minta tolong info universitas di India yang memiliki Prodi Pendidikan Seni Tari pada S2 yang terbaik…dimana ya?
    terimakasih..

  85. Salam kak,
    saya ingin bertanya..di India universitas mana yang ada prodi pendidikan seni tari untuk s2?? mohon infonya kak..terimakasih..

  86. ismed Batubara, SH,MH

    saya sudah berumur 46 tahun dan dosen dpk FH Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan, apakah masih terbuka untuk dapat beasiswa studi doktor ilmu hukum

  87. Maaf kak, pengumuman ICCR untuk 2015-16 kapan yah?

  88. Salam Indonesia..!!! :) Saya Nuryanto, staff pengajar Arsitektur pada Universitas Pendidikan Indonesia-Bandung. Saya sangat tertarik untuk sekolah S3 di India, bahkan sudah konsultasi dengan salah satu PT di India (SRM University), tetapi itu melalui jalur pribadi atau beasiswa DIKTI tidak melalui beasiswa ICCR. Pertanyaan saya, mana yang lebih mudah jalurnya, DIKTI atau ICCR..?? Bolehkah saya minta FORM Aplikasi ICCR..?? Terimakasih

  89. assalamualaikum..
    perkenalkan saya risa.. sekarang saya duduk di bangku kelas 3 sma, saya tertarik untuk melanjutkan kuliah saya di india, tetapi saya mencari universitas yang tidak terlalu mahal di jurusan psikologi, jika ada saya pencari universitas yang ada di roorkee, tapi di kota lain pun tidak apa-apa

  90. assalamuallaikum kak. saya mau tnya, saya lulusan s1 pendidikan guru sekolah dasar jika ingin melanjutkan study s2 di india, kira2 univ mana yg sesuai dengan bidang keilmuan saya ? untuk pendaftaran beasisawa iccr nya apa masih terlaksana tiap tahunnya ? untuk toefl nya apa masih bsa menggunakan sertifikat toefl saya ketika mengenyam bangku kuliah? atau ada kah persyartan lain .. terima kasih

  91. Hallo,
    saya tertarik untuk belajar tari di sana langsung.
    dimana saya bisa dapat info ttg itu ya?
    terima kasih.

  92. mau tanya kakak… beasiswa untuk tranfer d3 ke s1 adakah?
    klo ada minta infonya donk…
    mkasih :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*